Follow Us

Memasuki Musim Hujan, Sebaiknya Hindari Konsumsi Jenis Makanan Ini

HAI Internship - Kamis, 07 November 2019 | 11:00
Jenis-jenis makanan yang harus dihindari saat musim hujan
alodokter

Jenis-jenis makanan yang harus dihindari saat musim hujan

HAI-Online.com - Setelah berbulan-bulan kemarin cuaca terik banget, panas matahari menyengat, akhirnya sekarang di beberapa bagian wilayah Indonesia sudah mulai memasuki musim hujan.

Walaupun begitu, kita harus tetap berhati-hati nih. Soalnya, saat musim hujan biasanya bakteri serta virus lebih mudah berkembang. Sehingga, tubuh kita jadi rentan terkena penyakit seperti diare, flu, atau diare. Nggak cuma itu, Ahli Gizi Dr. Simran Saini juga mengatakan musim hujan bisa membuat kita rentan mengalami infeksi.

Nah, untuk itu kesehatan kita perlu dijaga. Salah satu caranya yaitu dengan mengatur asupan makanan. Ternyata, nggak semua makanan bisa dikonsumsi saat musim hujan loh.

HAI rangkum dari berbagai sumber, ini dia 5 jenis makanan yang sebaiknya kita hindari selama musim hujan agar badan kita tetap sehat.

Baca Juga: 5 Tips Kirim Email Lamaran Kerja yang Dilirik HRD Buat Para Fresh Graduate

1. Seafood

Musim hujan merupakan waktu di mana sejumlah hewan laut berkembang biak, khususnya udan dan ikan. Nah, apabila kita mengosumsi seafood saat musim hujan seperti ini, dapat dipastikan seafood tersebut kurang segar.

Nah, mengonsumsi seafood yang kurang segar bisa mengganggu metabolisme tubuh kita. Jadi, sebaiknya kita memilih bahan makanan berupa daging seperti daging ayam, sapi, atau kambing.

Kalau pun ingin makan seafood, pastikan benar-benar seafood tersebut segar, dan masak dengan sebaik-baiknya.

2. Sayuran Hijau

Sayuran yang berdaun hijau memang baik bagi kesehatan. Tapi, kalau untuk musim hujan ini, sebaiknya dihindari deh. Karena, biasanya sayuran hijau mengandung kotoran dan kelembabaan tinggi. Hal tersebut bisa mengundang banyak bakteri.

Jadi, kita dianjurkan untuk menghindari sayuran seperti kubis, bayam, atau kembang kol. Lebih baik, kita pilihs sayuran yang memiliki rasa yang tajam seperti labu. Jangan lupa pastikan juga sayuran yang bakal dokonsumsi sudah dicuci dengan bersih dan dimasak dengan baik.

Source : kompas, NDTV Food

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular