Follow Us

Bulan November, Kita Masuk Musim Pancaroba. Yuk, Waspada Sob!

Rayhadi Shadiq - Selasa, 29 Oktober 2019 | 20:15
Ilustrasi pancaroba
Sutterstock

Ilustrasi pancaroba

HAI-ONLINE.COM - Oktober udah mau selesai nih. Beberapa wilayah di Indonesia juga mulai diguyur hujan. Cuaca juga kayaknya mulai nggak nentu. Kadang cerah sampe panas banget, kadang hujan angin. Perubahan cuaca ekstrim juga jadi salah satu penanda kalo kita mulai masuk musim pancaroba.

Pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai ancaman bencana saat pergantian musim yang udah mulai tiba.

Kepala Pusat Data, Infromasi, dan Humas BNPB Agus Wibowo mengatakan, kewaspadaan itu harus dilakuin, karena beberapa wilayah di Indonesia ngalamin fenomena hidrometeorologi, yakni angin kencang, puting beliung, longsor, dan banjir.

"Kita perlu waspada terhadap potensi bahaya pada saat pergantian musim dari kemarau ke penghujan. Beberapa wilayah mengalami fenomena hidrometeorologi hingga berujung bencana," ujar Agus seperti dikutip kompas.com dari keterangan resmi pihak BNPB, Senin (28/10/2019).

Baca Juga: 100 Cowok Ingin Melamar Cewek Ini, Tapi Semua Ditolak Karena Alasan Mulia

"Bahaya yang perlu diwaspadai yaitu banjir, tanah longsor, dan puting beliung setiap kali memasuki musim penghujan. Bencana ini termasuk bencana mematikan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir," kata dia.

Data BNPB menunjukkan, sebagian wilayah udah masuk musim hujan, sehingga berpotensi muncul bencana banjir dan tanah longsor, antara lain terjadi di Aceh, Kalimantan Tengah dan Jawa Barat.

Tapi di beberapa daerah masih ada yang dalam puncak musim kemarau. Kayak misalnya di Jambi.

Baca Juga: Meskipun Enak, Tapi 6 Bagian Ayam Ini Mengandung Banyak Bakteri

"Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih terjadi di Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Beberapa gunung di Pulau Jawa dan NTB juga mengalami kebakaran," papar Agus.

Dari prakiraan BMKG, 20 persen wilayah di Indonesia mulai masuk musim penghujan, 47 persen mulai masuk musim hujan, sedangkan 23 persen wilayah baru bakal masuk musim penghujan di akhir November sampai awal Desember.

BMKG juga memprediksi, selama November nanti, sebagian wilayah bakal mengalami curah hujan tinggi sampai sangat tinggi. Antara lain wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan sebagian wilayah Papua.

Sementara itu sebagian wilayah Sumatera lainnya, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sumatera dan Maluku diprediksi bakal ngalamin curah hujan rendah sampai sedang.

Yuk, mulai waspada. Dari sekarang mulai beli payung, jas hujan, sandal jepit, dan sedia masker. Jaga kesehatan selalu ya, sob.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest