Follow Us

Viral Percobaan Goreng Telur di Bawah Sinar Matahari, Begini Penjelasan Ahli

Ricky Nugraha - Jumat, 25 Oktober 2019 | 19:10
Viral video netizen goreng telur di bawah sinar matahari
Instagram/makassar_iinfo

Viral video netizen goreng telur di bawah sinar matahari

HAI-online.com - Akhir-akhir ini sejumlah wilayah di Indonesia mengalami suhu udara yang sangat panas di siang hari.

Berdasarkan pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu udara maksimum diperkirakan dapat mencapai lebih dari 39 derajat Celsius dan akan berlanjut sampai akhir bulan Oktober.

Karena panasnya suhu udara ini, sejumlah netizen pun mencoba membuktikan dengan menggoreng telur di atas wajan berisi minyak dan dipraktikkan di bawah sinar matahari.

Salah satunya ada di video yang diposting ulang oleh akun Instagram Makassar Info, @makassar_iinfo, yang kemudian menjadi viral.

Baca Juga: Usain Bolt Kalah! Peneliti Temukan Semut dengan Kecepatan Lari Hingga 579 Km per Jam

Dalam video terlihat seorang tengah mempraktikkan menggoreng telur di atas wajan yang dilengkapi dengan minyak goreng dan proses penggorengan telur tersebut terjadi dengan waktu yang singkat.

Penjelasan LIPI

Mengonfirmasi hal tersebut, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Agus Haryono menyampaikan bahwa memasak telur di bawah sinar matahari bisa saja dilakukan.

"Bisa saja dimasak dalam kondisi paparan sinar matahari yang memungkinkan timbulnya panas untuk memasak telur," ujar Agus saat kepada Kompas.com.

Soal proses penggorengan yang singkat, Agus menjelaskan bahwa panas paparan sinar matahari nggak akan sampai pada titik didih minyak.

Baca Juga: 5 Hewan Kecil Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya Nyamuk

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest