Follow Us

Begadang dan Minum Soda Bikin Sperma Rusak, Cek 5 Kebiasaan Buruk Lainnya!

Al Sobry - Selasa, 29 Oktober 2019 | 17:45
Begadang dan Minum Soda Bikin Sperma Rusak, Cek 5 Kebiasaan Buruk Lainnya!
Hutomo Abrianto

Begadang dan Minum Soda Bikin Sperma Rusak, Cek 5 Kebiasaan Buruk Lainnya!

HAI-Online.com - Ada yang mesti dijaga seorang cowok, bahkan selagi muda dan bertumbuh agar tak ada yang namanya penyesalan di kemudian hari.

Sebagai langkah preventif, ada sejumlah kebiasaan yang kerap dilakukan kita secara rutin namun tanpa disadari hal itu bisa merusak atau berdampak pada kualitas sperma kita.

Suka atau nggak, faktanya jumlah pria yang bermasalah dengan sperma semakin meningkat sejak 2017.

Baca Juga: Lebih Cepat Lebih Baik, Ini 5 Keuntungan Berhenti Masturbasi

“Jumlah sperma yang sehat dan normal makin menurun dalam beberapa dekade terakhir ini,” ujar Ajay Nangia, M.B.B.S., ahli urologi dan kesuburan pria dari University of Kansas Medical Center dikutip HAI dari Kompas.com.

Biar nggak semakin banyak lagi yang mengalami “kerusakan sperma” atau menurunnya kualitas sperma, baiknya ketahui kebiasaan buruk berikut ini!

Begadang

Anak muda dan orang dewasa juga sering melakukan kebiasaan ini. Alhasil, jadi kurang waktu tidurnya. Nggak heran, kebiasaan buruk ini kerap dituding sebagai penyebab berbagai masalah kesehatan, termasuk merusak sperma.

Telat tidur

Telat tidur

Menurut jurnal Fertility & Sterility, durasi tidur kurang dari enam jam akan membuat kualitas sperma menurun hingga 31 persen dibanding pria dengan durasi tidur 7-8 jam per malam.

Alasannya, kurang tidur menurunkan produksi hormon testosteron. Hormon ini berperan penting pada pembentukan sperma. Tapi, terlalu banyak tidur juga nggak baik. Cowok yang tidur lebih dari Sembilan jam per malam juga menunjukkan masalah kesuburan.

Jadi, 7-8 jam per malam adalah durasi yang ideal, guys!

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest