Follow Us

Konsol PlayStation 5 Dipastikan Bakal Bisa Mainin Game-game PS4

Ricky Nugraha - Selasa, 22 Oktober 2019 | 16:30
Ilustrasi render PS5 berdasarkan paten Sony
The Sun

Ilustrasi render PS5 berdasarkan paten Sony

HAI-online.com - Sony memastikan bahwa konsol terbaru mereka, PlayStation 5 (PS5), akan memiliki fitur yang nggak ada di konsol generasi sebelumnya, yaitu backward compability.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan para penggunanya untuk memainkan game-game yang didesain khusus untuk konsol PS4 pada konsol PS5.

Hal ini telah sempat dikonfirmasi oleh Mark Cerny selaku Lead System Architect untuk konsol PS5.

Ia mengatakan bahwa mesin konsol tersebut bakal memiliki basis desain arsitektur mesin PS4, tapi lebih dikembangkan. Dengan begitu, PS5 bakal bisa memainkan game PS4, lantara arsitektur mesinnya memang sama.

Baca Juga: Bakal Rilis Tahun Depan, Daftar League of Legends Mobile Yuk!

Meski begitu, ia nggak menjelaskan lebih lanjut apakah PS5 bakal bisa memainkan game PS1 hingga PS3 atau nggak. Sebab, Cerny hanya menyebut PS4 saja.

Sebelumnya, PS4 dan bahkan PS4 Pro diketahui tak memiliki fitur backward compability ini.

Untuk memainkan game PS1 hingga PS3 di PS4, pengguna bisa memanfaatkan layanan PlayStation Now yang memungkinkan mereka memainkan game lawas, melalui layanan "streaming" Sony layaknya menonton video.

Sedangkan untuk fitur backward compability di PS5 ini sendiri, Sony belum memberikan informasi lebih detail tentang mekanismenya.

Baca Juga: Puluhan Pelajar Solo Jalani Pengobatan di Rumah Sakit Jiwa karena Kecanduan Game Online

Namun, terkait backward compatibility, sekitar awal tahun ini beredar paten yang menjelaskan secara detail bagaimana konsol generasi terbaru nanti, atau bisa disebut PS5, bakal bisa menjalankan game lawas dengan mulus melalui teknik emulasi.

Paten tersebut menjelaskan, game nantinya bakal "diakali" agar seolah berjalan dengan hardware konsol terdahulu, termasuk dengan cara "spoofing", alias menampilkan ID prosesor sesuai dengan milik konsol orisinil game yang bersangkutan.

Source : Kompas.com, Wired

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest