Follow Us

Gampang Kok, Begini Cara Mencegah Supaya Tulisan di Speedometer Digital Nggak Kabur

Bayu Galih Permana - Kamis, 03 Oktober 2019 | 14:30
Ilustrasi speedometer digital yang terkena sunburn.
ISAL/GRIDOTO.COM

Ilustrasi speedometer digital yang terkena sunburn.

HAI-Online.com - Pada pernah ngalamin kondisi di mana tulisan di speedometer digital terlihat kabur atau menghilang nggak sih sob? Kalau pernah, itu berarti speedometer digital motor kalian mengalami Sunburn.

Bisa sebabkan pengendara nggak bisa mengetahui kondisi kendaraannya mulai dari kecepatan hingga sisa bahan bakar dalam tangki, penyebab sunburn pada speedometer digital sendiri sebenarnya sangatlah sepele, yaitu posisi parkir.

Hal tersebut terungkap melalui pernyataan Angga Setiawan selaku pemilik bengkel spesialis Honda CS1 di kawasan Bekasi, RSB Motor, di mana dia menyebut bahwa posisi parkir yang terpapar sinar matahari dapat mengakibatkan speedometer digital mengalami sunburn.

"Sebenarnya penyebab speedometer atau panel instrument digital sunburn itu sepele, yaitu dari posisi parkir. Gejala awal biasanya buram, tapi lama-lama speedometer atau panel instrument digital enggak kelihatan," terang Angga seperti yang dikutip HAI dari GridOto.com.

Baca Juga: Bikin Pengendara Kesusahan Nyalain Motor Kalau Aki Tekor, Ini Alasan Kick Starter Absen di Matic Keluaran Terbaru

Pernyataan serupa pun juga disampaikan seorang pengendara bernama Murzak, yang mengaku bahwa speedometer digital motornya mengalami sunburn karena parkiran kantor tempat dirinya bekerja berada di ruang terbuka.

"Parkiran kantor saya kebetulan memang terbuka, tanpa kanopi, jadi kalau lagi panas terik ya motor saya kepanasan. Setelah tanya beberapa bengkel, katanya speedometer saya kena sunburn dan disuruh ganti baru," cerita Murzak.

Ilustrasi speedometer digital yang terkena sunburn.
ISAL/GRIDOTO.COM

Ilustrasi speedometer digital yang terkena sunburn.

Untuk menghindari terkena masalah tersebut, Angga sendiri menyarankan pengendara untuk mencari tempat parkir motor yang teduh, entah itu di bawah pohon atau lokasi yang memiliki kanopi pada bagian atasnya.

"Bisa parkir motor di bawah pohon, lebih bagus lagi parkir di tempat parkir yang ada kanopinya, pokoknya cari tempat parkir yang teduh," ucap Angga sambil memberikan solusi untuk memakai penutup kendaraan apabila parkir di tempat terbuka.

Sekarang udah ngerti kan sob? Jadi kalau bisa mencegah, ngapain harus keluar duit banyak buat memperbaiki? (*)

Source : GridOto.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest