Follow Us

Jangan Sepelekan, Ini Manfaat Angkat Wiper Mobil Saat Diparkir

Ricky Nugraha - Jumat, 04 Oktober 2019 | 19:15
Mobil yang diparkir di area terbuka dengan wiper diangkat
Kompas.com/Alasadad Rudi

Mobil yang diparkir di area terbuka dengan wiper diangkat

HAI-online.com - Paparan sinar matahari yang terlalu panas memang nggak baik untuk mobil, apalagi dalam jangkat waktu yang lama.

Selain bisa berdampak pada tampilan luar mobil, seperti pada bagian cat, sinar matahari ini juga bisa berdampak pada beberapa fungsi teknis di mobil.

Salah satu yang sering terjadi adalah mengerasnya karet pada wiper. Wiper yang mengeras berpotensi untuk menggores kaca saat digunakan dan akan sulit dihilangkan meski dengan air bersih.

"Jika ketika menggunakan wiper ternyata meninggalkan baret, berarti karetnya sudah mulai mengeras atau memang ada banyak debu halus di kaca yang menempel," kata Kepala Bengkel Suzuki, Natar Sugeng Riadi kepada Kompas.com.

Baca Juga: Kebiasaan Sepele Ini Bikin Panel Instrumen Digital Motor Cepet Rusak

Cara mencegah yang paling mudah dilakukan oleh pemilik mobil adalah dengan mengangkat atau menegakkan wiper setiap parkir di luar ruangan. Cara ini dinilai ampuh karena wiper nggak menempel langsung dengan kaca.

Sehingga, efek jangka panjang karet wiper nggak akan mudah getas. Apalagi mengetahui fakta bahwa kaca merupakan konduktor panas.

Sebenarnya ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan, seperti melapisi bagian karet yang bersentuhan dengan kaca mobil, koran atau pelapis lainnya, hingga selalu membersihkan kaca setelah diparkir.

"Tetapi memang paling ampuh dan mudah dilakukan adalah menegakkan wiper. Namun harus diperhatikan pegas wiper, jangan terlalu sering ditegakkan seperti itu," ujarnya.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest