Follow Us

"Suporter Indonesia Salah Satu Terbaik di Dunia, tapi Bisa Juga Jadi yang Terburuk"

Bayu Galih Permana - Jumat, 06 September 2019 | 14:05
Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy
KOMPAS.COM/GARRY LOTULUNG

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy

HAI-Online.com - Setidaknya ungkapan itu lah yang diungkapkan oleh pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy mengomentari kericuhan yang terjadi pada laga Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Skuat Garuda dengan Malaysia, Kamis (5/9) malam kemarin.

Bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Andik Vermansah dan kawan-kawan akhirnya harus gagal memetik poin meskipun sebelumnya sempat unggul dua kali melalui aksi Alberto Goncalves pada menit ke 12' dan 39'.

Sayang, kedua gol tersebut terasa sia-sia karena pasukan Harimau Malaya mampu membalikkan keadaan melalui gol-gol yang dicetak oleh Mohamadou Sumareh (37', 90+7') dan Syafiq Ahmad (66').

Gagal meraih kemenangan, nama Indonesia semakin tercoreng setelah beberapa oknum suporter tuan rumah diketahui melakukan aksi penyerangan dengan cara melempari pendukung tim tamu menggunakan benda-benda seperti botol hingga smoke bomb.

Baca Juga: Punya Motif Bulu Mirip Kelamin Cowok di Jidat, Kucing Ini Viral

Meskipun bisa mengganjal langkah Indonesia ke depannya, Simon McMenemy mengaku nggak bisa berkomentar banyak soal aksi anarkis sejumlah suporter tuan rumah, di mana tindakan itu sempat membuat pertandingan dihentikan dalam waktu cukup lama.

"Kita tidak boleh mencari alasan. Tidak boleh kita bilang mengganggu pertandingan, karena kedua tim yang terganggu, bukan hanya satu tim," ujar pelatih kelahiran Aberdeen, Skotlandia tersebut seperti yang dikutip HAI dari Kompas.com.

Lebih lanjut, McMenemy mengatakan bahwa suporter Indonesia sebenarnya merupakan salah satu yang terbaik di dunia, tetapi bisa berubah jadi yang paling buruk ketika hasil pertandingan nggak sesuai harapan.

"Suporter Indonesia salah satu yang terbaik di dunia. Tapi kalau sedang ada masalah jadi yang terburuk," terang pelatih berusia 41 tahun tersebut menambahkan.

Baca Juga: Netizen Twitter Sindir Instagram yang Isinya Postingan Screenshot Twitter

Selain mengomentari kericuhan yang terjadi, Simon McMenemy juga nggak lupa mengucapkan selamat kepada tim lawan walau sebenarnya dia sendiri belum bisa menerima kekalahan itu.

Walaupun berat, saya ingin mengucapkan selamat kepada Malaysia atas kemenangan ini. Buat saya pribadi ini sangat sulit diterima," tutup McMenemy.

Ya, semoga insiden serupa nggak kembali terulang ke depannya ya sob! Terlepas dari apa yang menjadi penyebab kericuhan, cobalah bersikap legowo dan menerima apapun hasil perjuangan para pemain Timnas Indonesia. (*)

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest