Follow Us

Gundala Versi Joko Anwar atau Liliek Sudjio, Mana yang Lebih Baik?

HAI Internship - Kamis, 05 September 2019 | 16:30
Gundala Putra Petir (Liliek Sudjio, 1981) dan Gundala (Joko Anwar, 2019).
BCU, PT Cancer Mas Film

Gundala Putra Petir (Liliek Sudjio, 1981) dan Gundala (Joko Anwar, 2019).

Hai-Online.com - Gundala telah menembus satu juta penonton dalam seminggu penayangan di bioskop. Film garapan sutradara Joko Anwar tersebut menjadi film pertama keluaran dari BumiLangit Cinematic Universe (BCU).

Balik ke tahun 80an, film adaptasi Gundala pertama kali pernah dibuat oleh Liliek Sudjio, dengan judul Gundala Putra Petir yang diperankan oleh Teddy Purba.

Kalau kita menengok perbandingan film Gundala (2019) dan Gundala Putra Petir (1981), apa saja sih fakta-fakta di balik keduanya?

  1. Aktor Pemeran Gundala
BCU

Kalau ditanya siapa yang lebih cocok peranin Gundala, yang pasti antara Abimana Aryasatya dan Teddy Purba, keduanya sama-sama berhasil memerankan patriot penyelamat bangsa dan pembasmi kejahatan.

Dengan karisma yang berbeda, Gundala versi 1981 lebih tampil dalam komikal dan terlihat lincah. Sebaliknya, Gundala versi Joko Anwar tampil lebih serius dan karismatik, mungkin karena yang peranin Abimana, ya.

PT Cancer Mas Film

Tingkah laku yang berbeda ini justru menampilkan bahwa dua-duanya bisa menyeimbangi kualitas Gundala versi mereka masing-masing. Tentunya di luar keterbatasan secara teknis syuting tahun 80an.

  1. Rombak Warna Kostum Gundala
Dari kostum, kayaknya terlihat banget kalau Gundala versi 2019 lebih dark dan ingin menampilkan keseriusan karakternya.

Dengan jaket merah yang Sancaka sering pakai ke tempat kerja, ia buat semacam handmade ditempel sana sini dengan pelapisan hitam semacam buat ban mobil.

Meski agak sedikit mirip dengan kostum Deadpool, kostum Gundala jelas ada bedanya dari antena di bagian telinga. Kedua Gundala, sama-sama memiliki antena yang bentuknya kayak sayap burung dan warna putih.

Halaman Selanjutnya

BCU
1 2 3

Source : IMDb, Bumi Langit

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest