Follow Us

Jadi Inovasi, Wireless Charging Justru Bisa Mengurangi Umur Baterai Smartphone

Ricky Nugraha - Rabu, 21 Agustus 2019 | 20:15
Ilustrasi wireless charging
BGR

Ilustrasi wireless charging

HAI-online.com - Banyak fitur-fitur baru dengan teknologi canggih yang kini mulai diterapkan pada smartphone modern. Salah satunya adalah fitur wireless charging alias pengisian baterai nirkabel.

Fitur ini sudah menjadi fitur yang umum ditemukan di ponsel kelas menengah ke atas di masa kini, khususnya kelas flagship. Meski praktis, metode ini menurut penelitian ternyata bisa mengurangi umur baterai.

Seenggaknya itulah temuan sebuah studi yang dilakukan oleh komunitas American Chemical Society (ACS). Dalam laporan studinya, ACS memaparkan hasil uji perangkat iPhone 8 dengan charger berkabel dan wireless charger berstandar Qi.

Dari sini ditemukan bahwa pengisian baterai secara nirkabel ternyata menimbulkan panas lebih tinggi dibandingkan charger berkabel konvensional. Suhu berlebih diketahui merupakan "musuh" baterai.

Baca Juga: Ini 5 Efek Boomerang Terbaru yang Sedang Disiapkan Instagram"Temperatur bisa mempengaruhi state-of-health baterai dengan signifikan selama masa pakainya," tulis ACS. Dengan kata lain, semakin panas baterai, maka umurnya juga akan semakin berkurang.

Kenapa pengisian baterai nirkabel menghasilkan panas lebih tinggi? ACS mengatakan sebabnya antara lain karena wireless charger mengalami kontak fisik dengan ponsel. Padahal, baik charger maupun ponsel sama-sama menghasilkan panas. Alhasil, suhu pun meningkat.Kondisinya akan bertambah buruk apabila ponsel nggak ditempatkan tepat di tengah wireless charger, misalnya terlalu ke pinggir sehingga meleset dari kumparan (coil) pengisi daya.

Ini akan memaksa pengisi daya nirkabel meningkatkan keluaran daya untuk mengkompensasi sehingga lebih jauh menaikkan suhu.

Baca Juga: Mouse Kamu Rusak? Tenang, Lewat Aplikasi Ini, Hape Kamu Bisa Jadi Gantinya

Karena itu, apabila menggunakan wireless charger, sebaiknya tempatkan ponsel di posisi ideal dan jangan memakainya selagi mengisi baterai (parasitic load) karena hal ini juga bisa berkontribusi mengurangi umur baterai.

Namun, studi ACS nggak menjelaskan soal efek reverse wireless charging di mana ponsel mengsi daya perangkat lain secara nirkabel. Nggak disebutkan pula soal fast charging.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Studi: Wireless Charging Bisa Mengurangi Umur Baterai Ponsel."

Source : Kompas.com, Phone Arena

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest