Follow Us

Viral Video Anak-anak Main dengan Pusaran Angin, Begini Kata Ahli

Ricky Nugraha - Jumat, 09 Agustus 2019 | 15:44
Viral video anak-anak main-main dengan pusaran angin
Twitter/merapi_news

Viral video anak-anak main-main dengan pusaran angin

HAI-online.com - Video yang menampilkan anak-anak bermain dengan pusaran angin belakangan viral di media sosial. Meski begitu, video ini sebenarnya telah sering beredar.

Anak-anak, bahkan orang dewasa, seolah tak takut terhadap pusaran angin yang berputar dan menyebabkan debu di sekitarnya itu.

Malahan mereka berlari menghampiri dan masuk ke dalam pusaran tersebut. Sampai-sampai banyak dijadikan meme yang menggambarkan bagaimana santainya masyarakat Indonesia ini.

Meski begitu, apakah perilaku seperti ini sebenarnya aman?

Baca Juga: Ilmuwan Ungkap Satu-satunya Makhluk yang Mungkin Hidup di Bulan

Menurut Kepala Subbidang Prediksi Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Augie Wandala Putra, angin seperti yang terekam dalam video di atas memang bukan merupakan angin yang berbahaya dan kecepatannya relatif rendah.

“Kalau dari video yang beredar nampaknya pusaran angin tersebut kecepatannya tidak terlalu tinggi. Belum ada terminologi baku, (angin semacam itu) masih bisa disebut sebagai pusaran angin,” kata Augie kepada Kompas.com.

Angin itu termasuk jenis puting beliung, tetapi dengan skala yang kecil. Biasanya angin seperti ini muncul karena perbedaan panas di suatu wilayah.

“Pusaran angin yang terjadi di sebuah tanah lapang yang muncul akibat perbedaan panas suatu wilayah yang mengakibatkan perbedaan tekanan udara dalam skala lokal. Ini juga bisa menyebabkan pusaran angin seperi pada gambar tersebut,” jelas Augie.

Baca Juga: Secara Ilmiah, Ini Alasan Mengapa Saus Tomat dalam Botol Kaca Susah Dikeluarkan

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest