Follow Us

Bajak Laut Sering Digambarkan Memakai Eye Patch, Menurut Ahli Itu Bukan Karena Matanya Luka atau Hilang

Ricky Nugraha - Senin, 08 Juli 2019 | 09:25
Patchy the Pirate di serial kartun SpongeBob SquarePants
Nickelodeon

Patchy the Pirate di serial kartun SpongeBob SquarePants

HAI-online.com - Bajak laut di berbagai cerita atau film sering kali digambarkan dengan mengenakan penutup mata atau eye patch di salah satu matanya.

Hal ini pun memunculkan berbagai teori mengapa para bajak laut melakukan itu. Mulai dari karena matanya terluka atau hilang saat bertarung, sampai yang dihubungkan dengan kemampuan pengelihatan.

Namun, ahli punya pandangan berbeda mengenai hal tersebut.

Baca Juga: Suka Penasaran Kenapa Kucing Hobi Masuk Kardus? Ini Alasannya!

Bukan karena mata yang hilang

Menurut doktor ilmu penglihatan Jim Sheedy, mata kita bisa beradaptasi dengan cepat saat berpindah dari tempat gelap ke tempat terang.

Namun sebaliknya, menurut penelitian mata kita membutuhkan waktu seenggaknya 25 menit untuk beradaptasi ketika berada di tempat terang menuju ke tempat yang gelap. Hal ini dikarenakan proses tersebut membutuhkan regenerasi pigmen cahaya.

Nah, bajak laut sering berpindah ke dalam dek kapal dan ke atas kapal, dari tempat yang bercahaya terang ke tempat yang lebih gelap.

Menurut Jim Sheedy, bajak laut mengenakan penutup di sebelah matanya supaya bagian mata itu bisa tetap beradaptasi dengan gelap lebih cepat.

Baca Juga: Nggak Perlu Takut Bau, Kini Ada Pil yang Buat Kentut Menjadi Beraroma Coklat dan Bunga

Ketika bajak laut turun ke bawah dek, ia bisa mengubah penutup satu matanya ke mata yang lain dan bisa melihat dengan baik dalam gelap.

Source : Mental Floss

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest