Follow Us

Secara Ilmiah, Ini Alasan Mengapa Saus Tomat dalam Botol Kaca Susah Dikeluarkan

Dok Grid - Rabu, 28 Februari 2024 | 12:00
Ilustrasi saus tomat dalam botol kaca
Pixabay/markusspiske

Ilustrasi saus tomat dalam botol kaca

HAI-Online.com - Buat kalian yang selama ini hobi makan bakso atau mie ayam, pasti pernah ngerasa kesusahan ketika hendak mengeluarkan saus tomat dari dalam botol, khususnya yang berbahan kaca, bener nggak?

Menurut penjelasan Dosen Jurusan Teknik dari Universitas Melbourne, Anthony Stickland, hal tersebut terjadi karena saus tomat secara teknik merupakan benda padat, bukan cairan seperti yang selama ini kita pikirkan.

Lebih lanjut, Stickland menerangkan bahwa saus tomat sendiri merupakan partikel-partikel tomat padat dalam cairan yang menempel satu sama lain sehingga membentuk jaringan kuat.

Maka dari itu, selama ini kita membutuhkan tenaga untuk mengeluarkan saus tomat dari dalam botol, salah satu contohnya dengan memukul bagian pantat botol dan membuatnya mengalir dengan kecepatan sekitar 0,05 kilometer per jam.

Baca Juga: Pantesan Susah, Ternyata Begini Cara Ngeluarin Saus dari Botol Kaca yang Benar

Sama seperti pasta gigi dan cat, saus tomat masuk dalam golongan yield stress fluid atau zat padat lembut yang hanya akan bergerak apabila mendapat tekanan dengan besaran tepat.

Untuk mengatasi hal tersebut, Stickland memberikan sejumlah langkah tepat untuk mengeluarkan saus tomat dari dalam botol kaca tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga, di antaranya dengan mengguncang, balik botol, miringkan, dan tuang.

Ketika mengguncangkan botol, kita nantinya akan membuat partikel-partikel yang merekat pada saus tomat menyebar dan menjadi mudah untuk dituangkan.

Apabila saus tomat yang tersisa dalam botol tinggal sedikit, balik dan goncangkan dalam posisi terbalik sehingga isinya berpindah dari posisi dasar ke bagian leher botol.

Terakhir, miringkan secara perlahan hingga saus tomat mengalir atau bisa dengan memegang bagian leher dan memukul pantat botol dengan lembut apabila isi di dalamnya tetap nggak mau mengalir meskipun sudah dalam posisi tegak lurus.

"(Pada intinya) Kalian harus mencari titik tekanan yang paling pas untuk menggerakkannya (saus tomat) ke burger kalian," ujar Stickland seperti yang dikutip HAI dari Kompas.com.

Jadi gimana sob, mulai sekarang nggak ada lagi cerita kesusahan mengeluarkan saus tomat dari dalam botol kaca kan ya? (*)

Source : Kompas.com

Editor : optimization

Latest