Follow Us

Merasa Pahit Setelah Pakai Obat Tetes Mata? Ternyata Ini Penyebabnya

Ricky Nugraha - Selasa, 06 Agustus 2019 | 16:05
Ilustrasi tetes mata

Ilustrasi tetes mata

HAI-online.com - Cara paling ampuh untuk mengatasi mata kering, gatal atau memerah tentu adalah dengan menggunakan obat tetes mata.

Namun, pernahkah kalian merasakan pahit di tenggorokan setelah menggunakan obat tetes mata?

Meski membuat mata menjadi lebih nyaman, nggak jarang ada orang yang mengeluhkan tenggorokan terasa pahit ketika menelan setelah menggunakan obat tetes mata.

Melansir Hello Sehat, hal ini ternyata bisa terjadi karena ada saluran yang menghubungkan antara kelenjar mata dengan hidung (nasolakrimalis), dan dilanjutkan oleh hidung dengan tenggorokan.

Baca Juga: Bisa Menyerang Anak Muda, Kenali Gejala Kanker Glioblastoma yang Jadi Penyebab Meninggalnya Agung Hercules

Jika diperhatikan lebih mendalam, ada lubang berukuran cukup kecil pada bagian dalam kelopak mata bawah yang disebut sebagai punctum lakrimal (puncta).Itu sebabnya, ketika sedang menangis, memakai obat tetes mata, maupun melakukan hal-hal lainnya yang membuat mata berair, maka cairan tersebut akan mengalir masuk ke dalam saluran nasolakrimal.

Selanjutnya, cairan dari mata akan berakhir di saluran bagian belakang yang berhubungan langsung dengan hidung dan tenggorokan, yang juga berdekatan dengan saluran kerongkongan.

Hal inilah yang nantinya tanpa sadar membuat kalian seolah dapat merasakan rasa dari air mata, bahkan rasa pahit dari obat tetes mata yang digunakan, tepat saat menelan ludah.

Baca Juga: Seharusnya 5 Benda Ini Nggak Boleh Ada di Kamar Tidur Kita, Tapi Sering Dilanggar!

Pada dasarnya, tenggorokan yang pahit ketika menelan setelah pakai obat tetes mata merupakan kondisi normal sehingga tidak perlu dikhawatirkan.

Karena rasa pahit tersebut biasanya nggak akan berlangsung lama dan akan segera hilang beberapa detik kemudian. Namun jika masih terasa cukup lama, apalagi sampai mengganggu aktivitas termasuk makan dan minum, nggak ada salahnya konsultasi dengan dokter. (*)

Source : Kompas.com, Hello Sehat

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest