Follow Us

Waduh, Kebiasaan Main Hape Ketika Pup Ternyata Bisa Sebabkan Ambeien

Bayu Galih Permana - Selasa, 30 Juli 2019 | 13:00
Ilustrasi main hape di toilet
Tribunnews.com

Ilustrasi main hape di toilet

HAI-Online.com - Nggak bisa dipungkiri, ponsel saat ini menjadi benda yang paling wajib dibawa dan nggak bisa lepas dari tangan orang-orang, termasuk ketika mereka tengah buang air besar di toilet, entah sambil mendengarkan lagu, memutar video, ataupun bermain game.

Padahal, kebiasan membawa ponsel ketika buang air bisar diketahui bisa menyebabkan penyakit yang muncul akibat pembengkakan pembuluh darah di bagian anus, ambeien.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com, ahli bedah kolorektal, Dr. Karen Zaghiyan mengatakan bahwa kebiasaan bermain ponsel membuat orang-orang ketika BAB membuat orang-orang duduk lebih lama di toilet.

Kebiasaan ini meningkatkan tekanan pada pembuluh darah sekitar anus, yang kemudian membuat aliran darah jadi nggak lancar dan mengalami penumpukan, di mana nantinya akan menyebabkan pembengkakan, rasa sakit, gatal, serta pendarahan ketika buang air besar.

Baca Juga: Profesi 5 Bos Teknologi Sebelum Kaya Raya, Ada yang Pernah Kerja Nggak Dibayar

"Sebenarnya, bukan main Hp saat BAB yang jadi penyebab wasir, tapi duduk di toilet dalam waktu lamalah yang jadi penyebabnya," terang Karen.

Selain itu, sebuah studi di jurnal Germ pada tahun 2017 juga menyebutkan bahwa ponsel dapat menampung bakteri seperti, Escherichia Coli dan mikroba lain yang bisa menimbulkan masalah kesehatan mulai dari perut mulas, kram, hingga diare.

Ilustrasi sakit perut
Pixabay/derneuemann

Ilustrasi sakit perut

Apabila ponsel yang sudah kotor itu dibawa ke toilet, paparan bakteri bakalan semakin meningkat, sehingga nggak cuma risiko ambeien saja yang bakal menghantui, melainkan masalah kesehatan lain juga turut mengancam.

Untuk mencegah terkena masalah kesehatan, orang-orang disarankan nggak membawa ponsel ke dalam toilet, serta diwajibkan mencuci tangan dengan sabun sampai ke sela-sela jari.

Hmm, ngeri juga ya sob. Jadi gimana, masih pada mau main hape pas lagi di toilet? (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest