Follow Us

Studi: Main Smartphone Lebih dari 5 Jam Sehari Meningkatkan Risiko Obesitas

Ricky Nugraha - Senin, 05 Agustus 2019 | 21:00
Ilustrasi
bmmagazine

Ilustrasi

HAI-online.com - Duduk-duduk atau bersantai sambil main smartphone mungkin merupakan hal wajar bagi sebagian besar orang, termasuk kita.

Namun, setelah membaca studi baru ini, bisa jadi kalian akan mempertimbangkan kembali untuk terlalu sering melakukan hal tersebut.

Kalian mungkin udah sering denger tentang penggunaan smartphone yang berlebihan bisa berakibat buruk terhadap kesehatan mental, tapi kini menurut sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa kita bisa menjadi gemuk jika kita menggunakannya lebih dari lima jam sehari.

Studi ini dilakukan oleh para ilmuwan di Universitas Simón Bolívar dan hasilnya dirilis saat Konferensi American College & Cardiology 2019 di Amerika Latin.

Baca Juga: Bisa Menyerang Anak Muda, Kenali Gejala Kanker Glioblastoma yang Jadi Penyebab Meninggalnya Agung Hercules

Penelitian tersebut menganalisis 1.060 mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan di Universitas Simón Bolívar dari Juni hingga Desember 2018.

Dari kelompok itu, 700 di antaranya adalah cewek dan 360 lainnya adalah cowok yang usianya antara 19 dan 20 tahun.

Studi ini menunjukkan bahwa jika seseorang menggunakan smartphone selama lebih dari lima jam sehari, maka risiko obesitas meningkat sebesar 43%.

Mereka juga menemukan bahwa terlalu sering main smartphone akan mendorong seseorang untuk mengembangkan kebiasaan gaya hidup lain yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca Juga: Seharusnya 5 Benda Ini Nggak Boleh Ada di Kamar Tidur Kita, Tapi Sering Dilanggar!

Alasannya sebenarnya cukup sederhana, jika terpaku pada ponsel sepanjang hari, maka secara alami seseorang akan lebih banyak duduk.

Source : World of Buzz

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest