Follow Us

Layar Sentuh Ternyata Merusak Kesehatan, Ini 4 Penyakit yang Bisa Datang

Dio Firdaus - Jumat, 26 Juli 2019 | 11:00
Ilustrasi touchscreen
PExels

Ilustrasi touchscreen

Hai-online.com- Zaman sekarang, hampir semua perangkat elektronik memiliki fitur layar sentuh. Mulai dari ponsel, monitor, kulkas sampai mobil pun sudah menggunakan fitur ini loh.l

Meskipun layar sentuh membuat semuanya lebih mudah dan cepat, tapi ternyata ada efek samping yang cukup mengerikan loh.

Hai merangkum dari CewekBanget, ada 4 penyakit yang bisa datang kalau terlalu sering menggunakan teknologi layar sentuh:

Penglihatan memburuk

Setiap kita yang hampir setiap harinya melihat layar laptop atau smartphone pasti pernah merasakan ketegangan mata.

Ketegangan mata adalah situasi ketika mata kita menjadi kabur dan enggak bisa melihat huruf atau gambar pada laptop atau smartphone secara jelas. Ini bisa terjadi karena bias dari layar yang menyebabkan mata kita menjadi tegang.

Kalau dibiarkan, bukan cuma mata tegang yang kita dapatkan, tapi bisa memerahkan mata, menyakitkan mata, penglihatan jadi buram, pusing, hingga memburuknya indera penglihatan lebih cepat daripada orang yang jarang menggunakan laptop atau smartphone!

Insomnia

Hayo ngaku siapa yang suka main smartphone hingga tengah malam, karena merasa nggak ngantuk-ngantuk?

Sinar dari smartphone, alias blue light biasanya dipakai untuk menambah perhatian, mempercepat reaksi, dan meningkatkan mood. Kalau dipakai pada malam hari, blue light bakalan merusak jam tidur kita karena fungsinya itu.

Dalam studi yang dilakukan oleh peneliti Harvard, menemukan kalau blue light punya efek negatif jauh lebih besar dalam mengurangi produksi melatonin (hormon untuk membuat kita ngantuk). Dibandingkan sinar lain, blue light punya kekuatan 2 kali lipat untuk menekan produksi hormon melatonin daripada warna sinar lainnya, lho!

Source : cewekbanget.grid.id

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest