Follow Us

Pengen Jadi Sutradara? Simak Syarat-syarat Sederhana Versi Joko Anwar

Bayu Galih Permana - Rabu, 24 Juli 2019 | 19:45
Joko Anwar, sutradara Gundala
Nada/HAI

Joko Anwar, sutradara Gundala

HAI-Online.com - Mendapat banyak penghargaan melalui karya-karya garapannya, penggarap film Gundala, Joko Anwar selama ini sering mendapatkan pertanyaan dari berbagai pihak yang ingin memulai karir sebagai seorang sutradara.

Menjawab pertanyaan tersebut, pria kelahiran Medan 43 tahun silam itu baru-baru ini membuat sebuah thread menggunakan akun Twitter pribadinya, di mana dia menjelaskan syarat-syarat sederhana yang harus dipenuhi apabila ingin menjadi pengarah film.

Dalam thread yang dibuat pada Selasa (23/7) kemarin, Joko membagikan potongan skenario yang harus dianalisis oleh calon-calon sutradara baru.

Baca Juga: Sempat ke WTF Bareng, Joe taslim Semangati Jefri Nichol yang Tersandung Narkoba!

Setelah selesai membaca skenario, lulusan Institusi Teknologi Bandung itu kemudian meminta sang calon sutradara untuk menganalisis sejumlah aspek, mulai pergerakan karakter, bentuk ruang, menyampaikan tujuan cerita, hingga mengkomunikasikan maksud kepada kru-kru.

Baca Juga: Konten Dinilai Vulgar, Kominfo Panggil YouTuber Kimi Hime

"Setelah membaca skenario tadi, apakah anda dengan detil bisa melihat di kepala anda bagaimana nanti filmnya setelah jadi? Bisakah dengan detil tau pergerakan para karakte sehingga bisa membuat blocking untuk para aktor?

Bisakah dengan detil anda di dalam kepala anda melihat bentuk ruangan, warna ruangan? Bisakah anda membelah adegan tadi dalam beberapa shot yang efektif untuk menyampaikan tujuan cerita anda? Bisakah anda mengkomunikasikan semua ini ke para pemain dan kru-kru anda?

Bisakah anda mengkomunikasikan ke sinematografer anda berapa shot yg anda butuhkan untuk menyampaikan cerita dalam adegan ini dan bagaimana sudut pandangnya? Bisakah anda mengkomunikasikan kepada art director bentuk dan warna ruang yang anda butuhkan untuk menceritakan adegan?" tulisnya menjelaskan syarat sederhana menjadi sutradara.

Lebih lanjut, Joko meminta orang-orang yang belum bisa memenuhi syarat di atas untuk menunda mimpi mereka menjadi sutradara karena poin-poin tersebut merupakan sebagian tugas awal dari pengarah film.

"Kalau belum. Tunda dulu niat anda untuk jadi sutradara. Karena ini hanyalah sebagian kecil tugas awal dari seorang sutradara," tulis Joko sambil menyarankan mereka yang belum berhasil untuk membekali diri dengan pengetahuan dan skill lewat sekolah, kursus, ataupun pendidikan film.

Gimana sob? Setelah ngebaca thread di atas, kalian udah memenuhi syarat-syarat sederhana untuk menjadi seorang sutradara belum nih? (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular