Follow Us

Kemdikbud Buka Pendaftaran Beasiswa Unggulan, Catat Nih Tahapannya!

Bayu Galih Permana - Jumat, 19 Juli 2019 | 10:44
Kejar Beasiswa

Kejar Beasiswa

HAI-Online.com - Demi mendukung upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada di Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) resmi membuka pendaftaran Beasiswa Unggulan mulai Rabu kemarin (9/8).

Dibuka hingga 9 Agustus mendatang, program ini terdiri dari tiga jenis, di antaranya Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Unggulan 3T, dan juga Beasiswa Unggulan Pegawai Kemendikbud.

Menurut keterangan Sekertariat Program Beasiswa Unggulan Biro Perencanaan serta Kerjasama Luar Negeri Sekertariat Jenderal Kemendikbud, program ini diutamakan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan.

“Program diutamakan untuk mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan dan kebudayaan sehingga yang dibiayai diutamakan untuk bidang-bidang relevan pada pengembangan pendidikan dan kebudayaan,” terang mereka dalam pesan yang dikutip HAI dari Kompas.com.

Baca Juga: #AgeChallenge Ternyata Bahaya! FBI Diminta Selidiki FaceApp yang Viral

Berikut tata cara dan tahapan yang harus dilewati oleh para pendaftar Beasiswa Unggulan dari Kemdikbud:

Beasiswa Unggulan Kemdikbud
Kemdikbud

Beasiswa Unggulan Kemdikbud

Tahap 1

  • Membaca informasi dan Frequently Asked Question (FAQ).
  • Melakukan registrasi Beasiswa Unggulan di https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id selama 10 menit. Kemudian ada waktu pengiriman aktivasi selama 1 menit.
  • Membuka e-mail untuk aktivasi akun yang didaftarkan saat registrasi. Waktunya selama 2 menit. (Apabila link aktivasi tidak ada lebih dari 30 menit, klik tombol Bantuan untuk mengganti e-mail).
  • Melakukan login menggunakan akun yang telah didaftarkan dan diaktivasi. Waktu yang diberikan selama 1 menit.
  • Melengkapi form pendaftaran, isi sesuai dengan data yang valid. Apabila telah memasukkan data yang sesuai, maka akan mendapatkan nomor registrasi. Tahap ini bisa dilakukan selama masa pendaftaran.
Tahap 2 (3 Minggu setelah Tahap 1)

Pengumuman hasil seleksi tahap 1 akan diumumkan via e-mail. Waktu yang diberikan selama 24 jam. (Peserta yang tidak lulus bisa mengikuti Beasiswa Unggulan Batch 2 di tahun yang sama).

Tahap 3 (3 Hari setelah Tahap 2)

Pemanggilan seleksi tahap 2 secara tatap muka dilakukan melalui e-mail. (Bagi yang tidak hadir dinyatakan mengundurkan diri). Waktunya selama 24 jam.

Tahap 4 (3 Minggu setelah Tahap 3)

  • Pengumuman akhir dapat dilihat di akun dan e-mail, peserta yang lolos akan melakukan tanda tangan kontrak dan bimtek. Waktu yang diberikan selama 24 jam. (Bagi yang tidak hadir dinyatakan mengundurkan diri).
  • Peserta yang lolos akan mengisi form untuk pencairan dana sesuai dengan kebutuhan universitas atau yang telah ditentukan. Waktunya sampai hari H tanda tangan kontrak.
Buat kalian yang berminat mengikuti Program Beasiswa Unggulan ini, bisa mengetahui informasi lengkapnya dengan klik di sini. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest