Follow Us

Unik, Ternyata Ada Ikan yang Punya Hobi Menahan Napas dalam Air

Bayu Galih Permana - Senin, 10 Juni 2019 | 17:20
Ikan Coffinfish
Reddit/jaykirsch

Ikan Coffinfish

HAI-Online.com - Seperti yang kita tahu, ikan selama ini bisa bernapas dengan bebas ketika berada dalam air karena mereka memiliki insang yang digunakan untuk memilah antara air dan oksigen yang masuk ke dalam sistem pernapasan.

Menariknya, meskipun bisa bernapas dengan leluasa di dalam air, ternyata ada satu jenis ikan yang dikenal memiliki hobi menahan napas, yaitu Coffinfish.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com, temuan ini didapatkan oleh sekelompok ilmuwan yang tergabung dalam ekspedisi Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA) ketika tengah mengamati kehidupan ikan itu di dasar Samudra Atlantik dan Pasifik.

Dalam rekaman video yang berhasil mereka dapatlan, ilmuwan NOAA menemukan bahwa ikan-ikan dengan nama latin Chaunax Endeavouri tersebut sering menahan nafas, hal ini terlihat dari insang Coffinfish yang nggak menunjukkan aktivitas pernapasan.

Baca Juga: Gambar Cover Asli Komik Tintin Pertama Berhasil Terjual Rp 15,9 Miliar

Menariknya, nggak cuma dalam hitungan detik aja aktivitas itu dilakukan, pada sekali waktu ikan Coffinfish bahkan menahan napasnya hingga 4 menit.

Untuk mengetahui bagaimana ikan-ikan tersebut bisa menahan napas hingga bermenit-menit, para ilmuwan tersebut mencoba untuk melakukan CT scan pada spesimen yang ada di museum.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa ruang insang Coffinfish cukup besar hingga memungkinkan ikan-ikan itu menyimpan air selama beberapa menit, yang kemudian dipublikasikan dalam Journal of Fish Biology.

Meskipun begitu, hingga kini para ilmuwan belum mendapatkan jawaban pasti mengenai alasan ikan Coffinfish sengaja menahan napasnya dalam waktu cukup lama.

Namun, mereka berpendapat bahwa menahan napas untuk waktu yang lama dapat membantu Coffinfish yang terkenal malas menghemat energi yang seharusnya mereka gunakan untuk secara aktif memompa air. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest