Follow Us

Benarkah "Lomba Nintendo Tingkat Jatim 1989" Jadi Cikal Bakal eSports di Indonesia?

Fadli Adzani - Minggu, 30 Juni 2019 | 09:47
Foto: Indogamers

Foto: Indogamers

HAI-ONLINE.COM - Saat ini, eSports sudah sangat besar di Indonesia, nggak lagi dipandang sebelah mata, terutama oleh pemerintah yang secara berkala sudah membuat kompetisi-kompetisi berbagai macam game.

Mulai dari game konsol, PC, hingga mobile. Sebut saja PUBG PC dan Mobile, Mobile Legends, FIFA, hingga Tekken. Semuanya ada di Indonesia.

Baca Juga: Festival Mesin Waktu Bakal Angkat Tema Nostalgia 17 Agustusan di Era '90-an!

Kalau sebagian besar dari kita berpikiran bahwa kompetisi eSports baru muncul belum lama ini, sobat Twitter dengan akun @iambadung beberapa waktu lalu berbagi foto yang menunjukkan bahwa turnamen video game sebenarnya sudah berlangsung di Indonesia sejak tahun 80'an.

Dalam foto yang dibagikan @iambadung pada Kamis kemarin (27/6), terpampang jelas spanduk yang menyambut para peserta kompetisi eSports tingkat Jawa Timur pada tahun 1989 di dalam Mall THR Surabaya (sekarang bernama Hi-Tech Mall).

Kalau saat ini orang-orang lebih banyak berkompetisi menggunakan konsol seperti PlayStation, Xbox ataupun PC, turnamen kala itu masih menggunakan Nintendo.

"Selamat datang para peserta lomba nintendo tingkat Jatim 1989 di THR Surabaya Mall," bunyi tulisan dalam spanduk tersebut.

Meskipun begitu, @iambadung sendiri nggak bisa memastikan apakah foto yang dibagikannya tersebut memang diambil dari kompetisi di Mall THR Surabaya pada tahun 1989 silam, ataukah hanya editan semata.(*)

Baca Juga: Cukup Dengan Latihan Nyanyi, Dijamin Kebiasaan Ngorok Lo Pas Tidur Berkurang

"Tapi ga tau ya editan apa bukan. Hahahhaa," tulis @iambadung lebih lanjut.

Namun kalo ditelusuri, foto tersebut adalah dokumentasi milik Indogamers. Namun, HAI nggak mendapatkan sumber lainnya untuk memastikan bahwa informasi di atas valid. Di sisi lain, versi lain mencatat bahwa cikal bakal kehadiran esports di Indonesia muncul saat Eddy Lim, Ketua Umum Indonesia eSports Association (IeSPA), membentuk Liga Game untuk menghelat kompetisi game online pertama pada 1999.

Kalau menurut kalian sendiri gimana sob, foto itu memang diambil dari kompetisi yang benar-benar ada atau cuma editan aja? (*)

Artikel ini telah tayang di Grid Games dengan judul "Menguak Fakta Cikal Bakal Turnamen eSports Pertama di Indonesia".

Source : Grid Games

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest