Follow Us

Urusan Kejujuran Mengembalikan Dompet, Indonesia di Urutan Hampir Belakang

Ricky Nugraha - Senin, 24 Juni 2019 | 20:40
Ilustrasi
iStockphoto

Ilustrasi

HAI-online.com - Sebuah studi perilaku jujur yang terbit di Science Magazine, Kamis (20/6/2019), menemukan fakta bahwa negara Indonesia berada di urutan 33 dari 40 negara dalam masalah kejujuran dalam mengembalikan dompet.

Studi berjudul "Kejujuran Masyarakat di Seluruh Dunia" tersebut dilakukan di 355 kota yang mencakup 40 negara di seluruh dunia.

Dalam kebiasaan berperilaku jujur, Indonesia jauh ketinggalan dibanding Thailand yang menempati urutan 28 dan India di posisi 30. Sementara itu, negara paling jujur adalah Switzerland dan yang berada di urutan paling akhir adalah China.

Para ahli dari Universitas Michigan, Universitas Zurich dan Universitas Utah melakukan studi ini karena mereka menganggap kejujuran merupakan mata tombak dalam kehidupan ekonomi dan sosial.

Baca Juga: Cowok Ukraina Ini Ungkap 10 Alasan Kenapa Bule Suka Sama Cewek Indonesia, Bener Nggak Sih?

Menurut para ahli, dampak dari semua hal itu adalah kerugian pada perekonomian negara, termasuk dari pajak ataupun korupsi pemerintah.

Untuk menguji perilaku jujur dalam skala lebih besar, Alain Cohn dan koleganya pergi ke 355 kota di 40 negara. Mereka ingin mengamati bagaimana uang dapat memengaruhi tingkat kejujuran manusia di seluruh dunia.

Mereka melakukan eksperimen di lima sampai delapan kota besar suatu negara, dengan sekitar 400 pengamatan di setiap negara.

Para ahli dengan sengaja menyerahkan 17.303 dompet ke warga lokal, mengaku bahwa mereka menemukan dompet itu, dan meminta orang tersebut untuk menjaganya dengan alasan ada keperluan.

Baca Juga: Ngeselin Tapi Kocak, 10 Kompilasi Foto Kelakuan Kocak Kucing Oren yang Dikenal 'Barbar'

Masing-masing dompet berisi uang tunai yang jumlahnya beragam, kartu identitas, kartu nama beserta alamat email, dan nota belanjaan dengan bahasa lokal agar warga percaya dompet itu milik orang lokal.

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest