Follow Us

Menurut Penelitian, Musik Bisa Meningkatkan Daya Ingat

Rizki Ramadan - Selasa, 19 Maret 2019 | 14:27
Mendengar musik bisa meningkatkan daya ingat
Pexel

Mendengar musik bisa meningkatkan daya ingat

HAI-online.com - Coba inget-inget deh lagu yang pertama kali lo denger saat SD? Nah, lo mungkin akan langsung menyanyikannya. Itu salah satu bukti kalau musik emang punya kaitan sama daya ingat.

Di penelitian sains, musik kerap dipakai oleh para dokter untuk pengobatan. Pasien yang kehilangan memori sering kali bisa mengingat lagu dan lirik secara spesifik. Sejumlah musik bahkan bisa merangsang bagian ingatan tertentu. Mendengar musik yang sering kita denger di suatu masa bakal bikin kita inget sama kejadian-kejadian di masa tersebut kan?

Para peneliti udah membuktikan bahwa pemrosesn musik dan bahasa—terutama dalam mengingat informasi—tergantung pada sistem di otak.

Lebih jauh lagi, berdasarkan laporan Science of People, peneliti mengungkap kalo musik-musik yang kita dengar saat remaja cenderung lebih punya ikatan emosional dengan otak kita, dibanding musik-musik yang kita denger saat remaja.

Baca Juga : Ini Dia 50 Lagu Paling Ikonik Sepanjang Masa Menurut Penelitian

Mengingat-ingat musik di masa lalu bisa jadi latihan memori, terutama untuk mereka yang mengalami kehilangan memori. Tak terkecuali mereka yang mengidap dementia atau alzheimer. (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest