Follow Us

Canggih atau Seram? Kini Ada AI yang Bisa Gambarkan Wajah Orang Cuma dari Suara

Ricky Nugraha - Kamis, 20 Juni 2019 | 19:00
Speech2Face, AI yang bisa gambarkan wajah orang dari mendengar suaranya
Speech2Face

Speech2Face, AI yang bisa gambarkan wajah orang dari mendengar suaranya

HAI-online.com - Suatu Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang diberi nama Speech2Face ini dapat menghasilkan gambar digital dari wajah seseorang hanya menggunakan klip audio singkat untuk referensi.

AI tersebut merupkan jaringan saraf atau lebih tepatnya komputer yang "berpikir" dengan cara yang mirip dengan otak manusia.

Kecerdasan buatan ini dilatih oleh para ilmuwan pada jutaan video pendidikan dari internet yang menunjukkan lebih dari 100.000 orang berbicara.

Dari dataset ini, Speech2Face belajar hubungan antara isyarat vokal dan fitur fisik tertentu dalam wajah manusia, tulis para peneliti dalam sebuah studi baru.

Baca Juga: Adam Savage Berhasil Bikin Kostum Iron Man Jadi Nyata, Bisa Terbang dan Tahan Peluru

AI kemudian menggunakan klip audio untuk memodelkan wajah fotorealistik yang cocok dengan suara.

Hasilnya, wajah yang digambar hanya dari suara itu cukup mendekati yang sebenarnya. Temuan ini kemudian dipublikasikan secara online melalui jurnal arXiv tapi belum mendapatkan tinjauan oleh rekan sejawat atau peer review.

AI tersebut mengenali tanda-tanda tertentu dalam ucapan yang menunjuk jenis kelamin, usia dan etnis, seperti yang dilaporkan penulis penelitian.

"Meski begitu, model tersebut hanya akan menghasilkan wajah yang tampak rata-rata," tulis para ilmuwan dikutip dari Live Science. "Itu nggak akan menghasilkan gambar seseorang secara spesifik."

Baca Juga: Fix Punya 3 Kamera, Begini Tampilan Asli Google Pixel 4 yang Bocor

AI ini telah menunjukkan bahwa ia dapat menghasilkan wajah manusia yang sangat akurat. Wajah-wajah yang dihasilkan oleh Speech2Face semuanya menghadap ke depan dan dengan ekspresi netral.

Source : Kompas.com, Live Science

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest