Follow Us

Semakin Canggih, Google Maps Bakal Tampilkan Informasi Bencana Alam

Dio Firdaus - Rabu, 12 Juni 2019 | 11:10
Google SOS Alert
9to5Google

Google SOS Alert

HAI-online.com- Google memang nggak ada hentinya memperbarui aplikasi-aplikasinya. Yang terbaru, perusahaan internet asal Amerika itu mengumumkan pembaruan Google Maps yang akan berguna banget untuk negara atau wilayah yang rawan bencana alam.

Lebih spesifik lagi, fitur terbaru itu bisa digunakan untuk menyebar informasi saat terjadi bencana alam. Sebagaimana HAI rangkum dari KompasTekno, beberapa pengguna dilaporkan sempat mendapatkan fitur tersebut. Pembaruan yang ditambahkan berupa informasi visual selama bencana alam.

Nantinya, Google menggunakan peringatan sistem navigasi baru untuk memberi petunjuk bagi para pengguna untuk menghindari lokasi bencana.

Baca Juga: Tony Stark Adalah Kita

Peringatan darurat ini akan berupa informasi ringkat tentang apa pun yang sedanbg terjadi, mulai dari berita yang relevan dengan kejadian, nomor dan situs darurat, serta informasi paling baru dari pemerintah setempat.

Tampilan Google Maps
Google

Tampilan Google Maps

Bakal ada tiga kategori bencana yang akan ditampilkan Google Maps, yaitu badai, gempa bumi, dan banjir, yang di mana ketiga bencana alam ini kerap terjadi di Indonesia.

Sehari sebelum badai datang menerjang, akan muncul sebuah peringatan otomatis di sekitar area yang diprediksi oleh Google akan terdampak.

Baca Juga: Jangan Terlalu Ketat, Ini Bencana yang Datang Kalo Cowok Pake CD Kesempitan

Kartu peringatan tersebut telah dihubungkan dengan ramalam pusaran badai yang memprediksi ke mana arah lintasan dan waktu terjadinya badai.

Kalau untuk gempa, fitur ini akan tampilkan peta episentrum gempa dan juga magnitudo. Sedangkan untuk bencana banjir, Google akan memprediksi daerah mana yang akan terjadi banjir dan separah apa.

Rencananya, perusahaan search engine ini akan meluncurkannya lebih luas lagi pada musim panas tahun ini. Termasuk notifikasi apabila rute yang dilintasi pengguna terdampak bencanan. Pengguna akan diberi instruksi untuk menjauhi area untuk mencegah kecelakan sebagaimana HAI rangkum dari Digital Trends.

Wah, berguna banget nih fitur Google Maps yang terbaru ini untuk negara atau wilayah yang sering terdampak bencana seperti Indonesia. (*)

Source : 9to5Google, Digital Trend, kompas

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest