Follow Us

Sering Dilakukan, 2 Kebiasaan Ini Ternyata Bikin Aki Motor Cepat Soak

Bayu Galih Permana - Senin, 10 Juni 2019 | 17:50
Ilustrasi aki motor
Kompas.com

Ilustrasi aki motor

HAI-Online.com - Bukan sebuah rahasia lagi, selama ini banyak pengguna sepeda motor yang kurang memperhatikan kebiasaan-kebiasaan buruk dalam berkendara, pokoknya tinggal gas aja terus sampai ke tempat tujuan.

Padahal kebiasaan-kebiasaan buruk ini bisa membuat umur dari sejumlah bagian penting mesin motor jadi lebih pendek apabila terus menerus dilakukan, salah satunya aki.

Kira-kira, kebiasaan buruk apa aja sih?

Baca Juga: Kocak! Kumpulan Tulisan 'Anti-Ngantuk' dari Para Pemudik Motor

Daripada kebanyakan basa-basi, langsung aja yuk HAI bagiin buat kalian kebiasaan-kebiasaan buruk ketika menggunakan sepeda motor, yang bisa membuat aki menjadi cepat soak.

Menggunakan Standar Samping

Ilustrasi standar samping motor
Instagram/kingzaman_now via GridOto.com

Ilustrasi standar samping motor

Sering mematikan sepeda motor dengan menggunakan standar samping tenyata bisa membuat aki jadi lebih cepat soak, khususnya motor matic yang saat kini sudah dilengkap dengan Side Stand Switch.

Menurut keterangan Chairul Anwar selaku Service Advisor dari Wahanaartha Ritelindo Ciputat, mesin motor memang akan langsung mati ketika standar samping diturunkan, namun hal itu nggak berlaku buat instrumen seperti speedometer dan headlamp.

"Saat standar samping diaktifkan, mesin motor memang akan langsung mati, tapi instrumen seperti Speedometer dan headlamp enggak akan mati sebelum kontak diputar ke Off," terang Chairul seperti yang dikutip HAI dari GridOto.com.

Lebih lanjut, Chairul menjelaskan bahwa kebiasaan tersebut lama kelamaan akan membuat aki motor menjadi lebih cepat soak apabila dilakukan secara terus menerus.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest