Follow Us

Jarang Orang Tahu, Ternyata Begini Posisi Berboncengan yang Benar

Bayu Galih Permana - Jumat, 07 Juni 2019 | 07:10
Ilustrasi berboncengan
iStock Editorial

Ilustrasi berboncengan

HAI-Online.com - Ketika melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan motor, ada sejumlah hal penting yang perlu diperhatikan oleh pengendara dan juga pembonceng, salah satunya posisi ketika keduanya sedang berboncengan.

Posisi berboncengan sendiri sangatlah penting untuk diperhatikan karena apabila salah, maka bisa membuat keselamatan si pengendara dan juga pembonceng menjadi terancam.

Berkaca dari hal tersebut, Adi 'Jotos' Sucipto selaku Instruktur PT. Wahana Makmur Sejati untuk main dealer produk motor di Jakarta memberikan tips berboncengan yang nggak cuma nyaman, tapi juga baik dalam segi keamanan.

Menurut keterangan Adi, posisi berboncengan yang paling aman adalah si pembonceng memeluk pinggang dari si pengendara.

Baca Juga: Mudah tapi Jarang Orang Tahu, Tips Supaya Aki Motor Nggak Soak Saat Ditinggal Mudik

"Posisi paling aman itu justru adalah posisi yang dibonceng memeluk mesra pengendaranya," ujar Adi seperti yang dikutip HAI dari GridOto.com.

Lebih lanjut, Adi menjelaskan bahwa dengan posisi ini, gerak tubuh pembonceng bisa mengikuti si pengendara, sehingga motor yang dikendarai bisa tetap seimbang ketika berada di tikungan.

"Maksudnya mesra disini adalah yang dibonceng harus mengikuti orang yang mengendarai motor. Misalnya saat menikung badan dari yang dibonceng juga harus ikut yang bawa motornya, supaya tetap seimbang," tambah Adi.

Selain memperhatikan posisi ketika berboncengan, Adi juga meminta si pembonceng untuk juga mengenakan perlengkapan safety riding karena apabila terjadi kecelakaan, orang di belakang biasanya mengalami luka paling parah.

"Karena kalau kecelakaan itu biasanya yang cedera lebih parah justru yang dibonceng juga. Makanya yang dibonceng juga harus dibekali perlengkapan riding yang aman seperti ridernya," tutupnya.

Nah, sekarang udah tahu kan sob? Langsung aja deh diikutin tipsnya supaya bisa berkendara dengan nyaman dan aman. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest