Follow Us

Nggak Banyak Orang Tahu, Bersihkan Tangan Pakai Bensin Usai Oprek Motor Punya Dampak Buruk

Bayu Galih Permana - Kamis, 06 Juni 2019 | 11:00
Ilustrasi tangan kotor
iStockphoto

Ilustrasi tangan kotor

HAI-Online.com - Nggak bisa dipungkiri, selama ini banyak orang, khususnya montir, memilih untuk membersihkan tangan kotor mereka menggunakan bensin usai selesai mengoprek-oprek mesin kendaraan.

Kebiasaan ini sendiri sering dilakukan kebanyakan orang karena penggunaan bensin ataupun cairan sejenis terbukti sangatlah ampuh untuk melarutkan berbagai macam kotoran, sehingga tangan bisa terbebas dari noda.

Padahal, apabila kebiasaan tersebut dilakukan secara terus-menerus, penggunaan bensin atau cairan sejenis dapat memberikan efek buruk bagi kulit tangan.

Seperti yang dilansir HAI dari GridOto, efek buruk penggunaan bensin untuk membersihkan tangan ini sendiri disampaikan oleh Tomy Tambrani selaku Brand Manager dari salah satu distributor perusahaan cairan pelumas, pembersih, dan perlindungan terhadap karat.

Baca Juga: Nggak Cuma Buat MotoGP, Sirkuit Mandalika di NTB Kemungkinan Dipakai untuk F1

Dalam keterangannya, Tommy mengatakan bahwa kebiasaan membersihkan tangan memakai bensin setelah mengoprek kendaraan bisa membuat kulit telapak tangan menjadi kering dan kasar.

"Kandungan pelarut atau solvent yang sifatnya keras di bensin atau cairan sejenis membuat kulit telapak tangan kering dan kasar,” terang Tommy.

Lebih lanjut, Tommy menyarankan agar para pengoprek motor menggunakan cairan pembersih khusus untuk membersihkan dari mereka dari sisa-sisa oli ataupun kotoran lain yang menempel pada tangan.

“Contohnya Rexco 20 yang dirancang khusus sebagai pembersih tangan. Selain membersihkan sisa oli, minyak, gemuk atau bekas lem juga ada kandungan pelembab dan anti bakteri sehingga aman bagi kulit," tambahnya.

Gimana sob, mulai sekarang masih mau bersihin tangan kotor kalian pakai bensin nggak nih? (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular