Follow Us

Awas, Kebiasaan Mengupil Ternyata Bisa Membahayakan Tubuh Lainnya

Bayu Galih Permana - Selasa, 04 Juni 2019 | 06:30
Ilustrasi mengupil
iStockphoto

Ilustrasi mengupil

HAI-Online.com - Bukan sebuah rahasia lagi, semua orang di dunia ini pasti pernah mengupil, bahkan ada beberapa di antara mereka yang menjadikan aktivitas jorok tersebut menjadi hobi hehe..

Tapi, pada tahu nggak sih manusia ternyata bisa terserang sejumlah penyakit berbahaya dan juga mematikan apabila terlalu sering mengupil?

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh salah seorang ahli klinis dari Liverpool School of Tropical Medicine, Dr Victoria Connor, kontak yang terjadi antara hidung dan tangan seperti mengupil bisa menyebarkan bakteri berbahaya yang bernama pneumokokus.

Ngerinya lagi, Connor bahkan mengatakan bahwa infeksi yang diakibatkan oleh adanya bakteri mematikan tersebut bertanggung jawab atas meninggalnya 1,3 juta anak tiap tahun.

Baca Juga: Ani Yudhoyono Meninggal karena Leukimia, Ternyata Minuman yang Sering Kita Konsumsi Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Tingginya kematian yang terjadi akibat pneumokokus menurut Connor disebabkan oleh rendahnya pemahaman tentang penyebaran bakteri yang satu ini.

"Pemahaman tentang penyebaran bakteri pneumokokus masih rendah, maka dari itu kami ingin mengetahui bagaimana cara penyebarannya," kata Conor yang juga bekerja di Rumah Sakit Royal Liverpool itu.

Setelah melangsungkan sejumlah penelitian, Connor dan timnya berhasil menemukan bahwa pneumokokus dapat berpindah dari tangan masuk ke hidung saat kita melakukan aktivitas mengupil atau sekedar menggosokkan tangan ke hidung.

Buat kalian yang belum tahu, bakteri pneumokokus ini bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit mematikan di antaranya meningitis, paru-paru basah, dan infeksi telinga tengah.

Untuk mencegah hadirnya bakteri tersebut, Conor pun menyarankan agar kita selalu menjaga tangan tetap bersih sehingga resiko yang muncul bisa berkurang.

Hmm, udah tahu kan sekarang sob! Makanya mulai saat ini kalo mau ngupil seperlunya aja deh nggak usah sering-sering. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest