Follow Us

Vincent Raditya Boleh Terbangkan Cessna 172 Lagi Kalo Lakukan Hal Ini!

Bayu Galih Permana - Rabu, 29 Mei 2019 | 17:45
Kapten Vincent Raditya bersama Limbad
Instagram / vincentraditya

Kapten Vincent Raditya bersama Limbad

HAI-Online.com - Seperti yang udah HAI beritain sebelumnya, pilot sekaligus YouTuber, Kapten Vincent Raditya harus merelakan lisensi penerbangan single engine-nya dicabut oleh Kementerian Perhubungan, akibat beberapa konten video di kanal YouTube miliknya.

Kabar mengenai dicabutnya lisensi penerbangan single engine milik Vincent terungkap usai Cameo Project mengundang Kapten Renato selaku Inspektur Operasi Penerbangan untuk menjadi bintang tamu dalam acara POV di kanal YouTube mereka.

“Ada 3 poin penting yang menyebabkan class rating single engine nya dibatalkan,” ujar Renato dalam video Youtube Cameo Project yang diunggah pada Senin lalu (28/5).

Menurut keterangan Kapten Renato, kesalahan pertama dari Vincent dalam beberapa videonya adalah nggak mengarahkan penumpang untuk menggunakan shoulder harness ketika berada dalam pesawat Cessna 172 miliknya.

Baca Juga: DC Comics Ternyata Pernah Gugat Wafer Superman, Tapi Wafer Superman yang Menang

"Yang bersangkutan (Vincent) pada saat mengoperasikan pesawat Cessna 172, dengan membawa penumpang yang duduk di samping pilot tidak menggunakan shoulder harness. Itu ada di dalam ketentuan dalam civil aviation safety regulation" kata Renato menjelaskan.

Belum berhenti sampai di situ, Vincent sendiri juga kedapatan memberikan kendali kemudi kepada penumpang yang merupakan orang awam.

"Yang kedua dalam salah satu videonya dia memberikan kendali terbang ke orang di sebelahnya dan dia melepas tangannya,” tambah Renato.

Terakhir, Vincent nekat melakukan penerbangan nol gravitasi atau lebih dikenal dengan sebutan zero gravity, ketika membuat konten video bersama Limbad.

“Terus yang ketiga pada saat mengoperasikan pesawat tersebut dengan sengaja melakukan exercise zero gravity pada orang umum," tambah Renato.

Namun, meskipun lisensi penerbangan single engine tersebut telah dicabut, Vincent bisa kembali menerbangkan pesawat Cessna 172 miliknya apabila memenuhi syarat yang diberikan oleh pihak Kemenhub.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Udara akan memberikan kesempatan kepada Capt Vincent Raditya. Apabila menginginkan kembali kemampuan Single Engine Land Class Rating, dapat mengajukan sesuai ketentuan CASR Part 61," terang Kemenhub dikutip dari Kompas.com. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest