Follow Us

Atta Halilintar Muncul dalam Soal Ujian SD, Disdik Kota Serang: Ini Mengganggu Siswa saat Mengerjakan Soal

Bayu Galih Permana - Rabu, 29 Mei 2019 | 11:30
Atta Halilintar
Instagram / attahalilintar

Atta Halilintar

HAI-Online.com - Baru-baru ini, publik dikejutkan dengan kemunculan nama YouTuber dengan jumlah subscriber terbanya se-Asia Tenggara, Atta Halilintar dalam soal ulangan kenaikan kelas (UKK) dari salah satu Sekolah Dasar di Serang, Banten.

Seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com, nama Atta Halilintar sendiri muncul pada soal bahasa Indonesia kelas V, dalam bentuk teks bacaan dan juga lima butir pertanyaan, salah satunya terkait gelar Raja YouTube ASEAN yang disematkan pada doi.

Nama Atta Halilintar muncul dalam soal UKK SD di Serang.
WhatsApp via Kompas.com

Nama Atta Halilintar muncul dalam soal UKK SD di Serang.

Menanggapi kabar tersebut, Wasis Dewanto selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Serang mengaku bahwa pihaknya sudah tahu mengenai adanya soal UKK SD di wilayahnya yang memuat nama Atta Halilintar.

Lebih lanjut, Wasis mengatakan bahwa dia telah menghubungi Kasi Kurikulum untuk meminta penjelasana terkait soal UKK yang menjadi bahan omongan banyak pihak tersebut.

Baca Juga: Wih, Kok di Terminal Tirtonardi Solo Disiapkan Tempat Istirahat Copet Khusus Mudik Lebaran Ini

"Ini dibuat mandiri oleh sekolah, disusun oleh masing-masing guru, Dinas Pendidikan tidak pernah mengkondisikan dalam penyusunan soal UKK," ujar Wasis.

Lebih lanjut, Wasis sendiri menyayangkan kemunculan nama Atta Halilintar di dalam soal kenaikan kelas SD karena dinilai nggak relevan, dan nggak semua siswa mengetahui YouTuber berusia 24 tahun tersebut.

"Anak kelas lima belum tentu kenal, dan ini mengganggu pada saat anak itu mengerjakan soal," tambah Wasis, sambil menerangkan bahwa dia lebih memilih pihak sekolah untuk memasukkan nama tokoh nasional dalam soal.

Ke depan, pihak Dinas Pendidikan Kota Serang rencananya akan meminta kepada pengawas di sekolah-sekolah untuk membina guru-guru saat membuat soal secara mandiri untuk UKK dan ulangan harian.

Kalau menurut kalian sendiri gimana nih sob? Kira-kira pelajar SD sekarang udah pada kenal sama Atta Halilintar belum sih? (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest