Follow Us

Dari Asrama Brimob Terbakar Hingga Polisi dari China, Ini 4 Hoaks yang Muncul dalam Kerusuhan 22 Mei

Bayu Galih Permana - Jumat, 24 Mei 2019 | 15:30
Anggota Brimob bersitegang dengan massa di Jalan Wahid Hasyim, Jakarta, Rabu (22/5).
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

Anggota Brimob bersitegang dengan massa di Jalan Wahid Hasyim, Jakarta, Rabu (22/5).

HAI-Online.com - Beberapa hari terakhir, masyarakat Indonesia tengah fokus dengan kericuhan yang dipicu dan dilakukan oleh oknum-oknum tertentu, guna memperkeruh aksi massa 22 Mei terkait penolakan hasil Pemilu 2019 dari pihak KPU pada Selasa dini hari (21/5).

Nggak cuma memicu kerusuhan di lokasi, oknum yang memanfaatkan situasi panas Indonesia demi kepentingan tertentu ini juga mencoba menggiring opini masyarakat dengan menyebarkan hoaks melalui sejumlah media sosial.

Apa saja hoaks yang muncul pada aksi massa 22 Mei lalu, dan bagaimana fakta sebenarnya?

Supaya kalian semua nggak termakan ataupun terpecah karena kabar palsu, berikut HAI udah merangkum sejumlah hoaks yang sengaja disebar oknum tertentu di tengah kerusuhan aksi 22 Mei.

1. Asrama Brimob Dibakar

Sempat beredar kabar bahwa massa melakukan aksi pelemparan batu dan bom molotov hingga pembakaran pada unjuk rasa 22 Mei 2019, yang menyebabkan Asrama Brimob Petamburan di Jalan KS Tubun, Jakarta Barat, terbakar.

Menanggapi kabar tersebut Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono selaku Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya mengatakan bahwa berita itu nggak benar, dan yang terbakar adalah mobil-mobil di parkiran Asrama Brimob Petamburan.

"Bukan (asrama), (melainkan) mobil. Asramanya baik-baik saja, tidak terbakar ya, tapi parkiran mobil di depan asrama yang terbakar. Di depan asrama ada beberapa mobil yang terparkir yang kemudian dibakar," terang Argo seperti yang dikutip HAI dari Kompas.com.

Baca Juga: Viral Aksi Polisi Hibur Wartawan Australia yang Liput Kerusuhan 22 Mei dengan Sulap

2. Penyerangan Masji Al Makmur Tanah Abang

Pada Selasa (21/5) lalu, sebuah akun di media sosial mengunggah video soal adanya penembakan peluru dan gas air mata yang dilakukan oleh polisi dan TNI terhadap jemaah di Masjid Al Makmur Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest