Follow Us

Viral Buktiin Uang Rp 50.000 Palsu dengan Bensin, Begini Tanggapan BI

Ricky Nugraha - Jumat, 10 Mei 2019 | 13:34
Petugas SPBU yang membuktikan keaslian uang kertas Rp 50.000 dengan disiram bensin
Facebook/Ahmad Hudlori

Petugas SPBU yang membuktikan keaslian uang kertas Rp 50.000 dengan disiram bensin

HAI-online.com - Baru-baru ini di media sosial beredar video yang menampilkan petugas stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) tengah membuktikan uang palsu dengan cara menyiram bensin

Dalam video tersebut, terlihat bahwa uang kertas pecahan Rp 50.000 tersebut disiram bensin untuk membuktikan uang itu palsu atau asli.

Video yang ramai dibicarakan dan menjadi viral di media sosial Facebook itu awalnya diunggah oleh pengguna Facebook bernama Ahmad Hudlori melalui grup "Info Kriminal & Lalu Lintas (Nusantara)" pada Rabu (8/5/2019).

Dalam postingannya, Ahmad menceritakan bahwa awalnya ia berniat mengisi bahan bakar di Kota Kediri agar bisa melanjutkan perjalanan ke Kota Blitar.

Baca Juga : Viral Video Paus Beluga Kembalikan Ponsel yang Tercebur ke Dalam Laut

Namun, Ahmad hanya membawa uang Rp 30.000 di dompetnya. Alhasil, ia memutuskan untuk mengambil uang di ATM terdekat sebanyak Rp 200.000.

Setelah mengambil uang, Ahmad menuju ke SPBU dan berencana mengisi bensin sebanyak Rp 150.000. Akan tetapi, ketika bensin telah terisi, petugas SPBU curiga dengan uang yang diberikan Ahmad.Petugas SPBU meminta izin kepada Ahmad untuk menyiram satu lembar uang Rp 50.000 menggunakan bensin untuk membuktikan bahwa uang tersebut merupakan uang palsu.

Setelah disiram bensin, hal yang terjadi adalah uang tersebut nggak menampilkan hologram. Lalu, lembaran uang itu terpisah menjadi dua lembar. Videonya bisa kalian lihat di link ini.

Baca Juga : Undangan Ulang Tahun ke-17 Viral, Jennifer Winarta: Private, Bukan untuk Umum

Tanggapan Bank IndonesiaMenindaklanjuti video viral itu, Bank Indonesia memberikan tanggapan bahwa pihaknya nggak pernah memberikan informasi mengenai pembuktian uang palsu dengan menuangkan bahan bakar pada uang kertas.

"Bank Indonesia tidak pernah memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengenali keaslian uang menggunakan bensin," ujar Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Onny Widjanarko kepada Kompas.com pada Kamis (9/5/2019).

Onny juga mengungkapkan bahwa uang kertas bisa dites ciri keasliannya dengan metode 3D, yaitu dilihat, diraba, dan diterawang.

Baca Juga : Mau Coba Makan Hidup-Hidup, Eh Cewek Ini Diserang Gurita Sampai Mukanya Berdarah

Meski begitu, Onny nggak bisa memastikan apakah uang palsu dapat dibuktikan dengan menyiram bensin.Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Viral Uang Rp 50.000 Disiram Bensin untuk Buktikan Palsu, Ini Kata BI."

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular