Follow Us

Geli Kalo Kemakan, Ternyata Belatung Ada Manfaatnya Bagi Tubuh Kita!

Al Sobry - Rabu, 08 Mei 2019 | 17:10
Geli Kalo Kemakan, Ternyata Belatung Ada Manfaatnya Bagi Tubuh Kita

Geli Kalo Kemakan, Ternyata Belatung Ada Manfaatnya Bagi Tubuh Kita

HAI-Online.com – Belatung adalah larva lalat yang biasa ditemukan pada barang-barang yang membusuk seperti bangkai.

Pada buah juga misalnya ada sebagian yang busuk di dalam daging buah biasanya ada belatung yang tumbuh, kalo sampai kemakan, ihhh jijik sekali.

Meski terlihat menjijikkan dan mengerikan itu, belatung ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan, khususnya pada luka di tubuh kita.

Baca Juga : Ini Dia Bau 7 Planet Di Antariksa, Mars Baunya Kaya Telur Busuk!

Sebuah penelitian yang artikelnya diterbitkan dalam Journal of Wound, Ostomy, and Continence Nursing di Iran menemukan bahwa Belatung bisa menyembuhkan luka yang terinfeksi.

Dalam studinya, para peneliti mempelajari 50 pasien yang mengalami bisul kaki yang belum sembuh selama setidaknya tiga bulan lamanya.

Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Keduanya dirawat dengan antibiotik dan luka mereka dibersihkan. Satu kelompok juga diberikan terapi belatung, dengan menempatkan larva lalat pada luka.

Hasilnya menunjukkan bahwa luka yang terinfeksi berkurang secara signifikan setelah 48 hingga 96 jam setelah menerima terapi belatung. Itu jauh lebih efisien dibandingkan dengan pasien yang diberikan perawatan standar.

Belatung diperkirakan memakan jaringan mati yang memperlambat penyembuhan luka, dan melepaskan senyawa yang melawan infeksi.

Wah, geli-geli tapi berfungsi ya! (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest