Follow Us

Inspiratif, Atlet Renang Asal Jakarta Ini Raih Penghargaan di Amerika Serikat

Syifa Nuri - Kamis, 02 Mei 2019 | 17:10
Alexis Wijaya Ohmar saat menerima penghargaan
dok. pribadi Alexis

Alexis Wijaya Ohmar saat menerima penghargaan

HAI-Online.com - Atlet renang Indonesia, Alexis Wijaya Ohmar, berhasil meraih penghargaan atas prestasinya di bidang olahraga dan akademik dari almamaternya di Amerik Serikat.

Alexis mendapatkan penghargaan "The Most Outstanding International Student" dari California Baptist University (CBU), Riverside, California saat upacara kelulusan pada Selasa (30/4) lalu.

"Saya memang diberitahu bahwa saat upacara kelulusan, saya akan dapat penghargaan. Tapi saya tidak tahu penghargaan apa. Ternyata penghargaannya karena kontribusi saya ke kampu," jelas Alexis dilansir dari Kompas.com.

Baca Juga : Anak SMA Berprestasi Gagal Ikut SNMPTN, Sang Kakak Beberkan Masalahnya di Twitter

Selama berkuliah di CBU, Alexis memang terkenal aktif dalam beberapa kegiatan kampus. Selain memperkuat tim renang CBU yang bernama "Lancers", Alexis juga aktif dalam beberapa kelompok musik kampus.

Alexis sendiri merupakan mantan atlet nasional yang pernah memperkuat timnas Indonesia di ajang SEA Games dan Asian Games 2014. Atlet renang gaya bebas ini menempuh pendidikan di CBU sejak 2015 dengan jurusan piano performance.

Sejak masuk kuliah, Alexis yang berkuliah di CBU lewat jalur beasiswa dengan prestasi renangnya itu, sudah memperkuat tim renang Lancers. Dan cowok berusia 24 tahun ini diangkat jadi kapten tim, dan mampu membawa Lancers berlaga di NCAA divisi II.

Terakhir kali Alexis memperkuat tim renang, Lancers mampu menembus persaingan untuk masuk ke divisi I. Setelah kelulusannya, Alexis berencana untuk melanjutkan pendidikan S2 dengan jurusan piano performance and conducting.

"Di sini, dengan skill seperti itu sangat dihargai," kata Alexis.

Baca Juga : Nekat Putar Avengers: Endgame versi Bajakan, Tv Kabel Ini Digugat

Walaupun mau berfokus pada akademik, Alexis mengaku kalau dirinya tetap ingin melanjutkan karier renangnya dan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua 2020 mendatang.

Beasiswa lewat jalur renang bagi para atlet sudah hal biasa. Sejak 1970-1990-an, nama-nama seperti John D. Item, Daniel Budiman, Lukman Niode, Richard Sam Bera, Wisnu Wardhana, dan Felix C. Sutanto pernah menjalani pendidikan di Amerika lewat beasiswa dari negara.

Tapi sekarang, jalur kayak gini nggak ada lagi. Pasalnya, sistem penghargaan buat atlet sejauh ini lebih mengutamakan bonus uang. Sehingga atlet yang ingin mendapatkan beasiswa seperti Alexis harus berusaha sendiri mendapatkannya dari institusi pendidikan di Amerika atau sumber lain non negara.

Saat ini, selain Alexis cuman ada 1 atlet renang Indonesia yang melanjutkan pendidikan di Amerika lewat jalur beasiswa. Adalah Adityastha Wratsangka yang juga berkuliah di CBU. (*)

Source : Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest