Follow Us

5 Penyakit Berbahaya Ini Dapat Diketahui Melalui Tangan, Salah Satunya Penyakit Jantung Lho

Alvin Bahar - Minggu, 28 April 2019 | 18:15
Ilustrasi tangan
iStockphoto

Ilustrasi tangan

HAI-ONLINE.COM - Ketika tubuh sedang mengalami masalah kesehatan, tentu beberapa tanda akan nampak secara visual. Mata, mulut, kulit, bahkan tangan seringkali jadi media atas berbagai gejala tadi.

Dilansir dari National Geographic, berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat diprediksi dari kondisi tangan.

Baca Juga : Kleptomania: Penyakit Mental yang Bikin Lo Rajin Curi Barang

1. Tangan gemetar tanda penyakit Parkinson

Terlalu banyak minum kopi, mengonsumsi obat antridepresan dan kelelahan dapat membuat tangan jadi gemetar. Namun, jika tangan kamu gemetar tanpa alasan yang jelas bahkan saat kamu sedang nggak melakukan apapun, kamu perlu waspada karena kemungkinan besar kondisi tersebut merupakan gejala penyakit parkinson.

Selain tremor, gejala lain dari penyakit parkinson adalah otot yang kaku, gerakan tubuh yang lebih lambat dari biasanya, dan sulit menjaga keseimbangan tubuh.

2. Kulit dan kuku pucat tanda anemia

Anemia adalah kondisi ketika tubuh nggak dapat memproduksi darah merah dengan baik. Hal ini kemudian membuat kebutuhan sel darah merah nggak terpenuhi. Wajah hingga kuku pun jadi pucat.

Selain perubahan warna kulit tangan dan kuku, anemia juga menimbulkan gejala lainnya, seperti tubuh mudah lelah, muncul memar pada kulit, mudah terluka, darah sulit membeku, serta kram pada kaki.

3. Telapak tangan merah tanda penyakit hati

Biasanya telapak tangan memerah ketika tangan kamu menekan sesuatu dalam waktu yang lama. Meski begitu, ketika telapak tangan jadi memerah, bisa saja jadi tanda dari penyakit hati, yaitu sirosis hati.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest