Follow Us

Semandiri Bocah yang Beli Sepatunya Sendiri, Ini Kelebihan Anak Sulung Guys!

Al Sobry - Jumat, 19 April 2019 | 19:45
Semandiri Bocah yang Beli Sepatunya Sendiri, Ini Kelebihan Anak Sulung Guys!

Semandiri Bocah yang Beli Sepatunya Sendiri, Ini Kelebihan Anak Sulung Guys!

HAI-online.com - Katanya juga sih anak sulung atau pertama itu lebih mandiri lho. Kamu merasa gitu nggak, guys? pasalnya banyak yang bilang nih kalau anak kedua itu lebih disayang sama orang tua dibandingkan kakaknya (anak pertama).

Emang menurut psikologi gimana sih? Nah kalo menurut Susan Whitebourne, seorang profesor psikologi di University of Massachusetts, orangtua biasanya memiliki pola asuh tegas terhadap anak pertamanya disebabkan karena anak pertama menanggung beban harapan para orangtuanya.

Kemudian, pola asuh yang tegas itu mulai kendur ketika diterapkan kepada sang adik (anak kedua). Hal inilah yang menyebabkan sebagian besar anak pertama akan lebih mandiri dibandingkan adiknya.

Baca Juga : Nabila dan Sepatunya yang Viral, Bukan Kasus Bully tapi Harga Diri!

Nah, pada saat yang sama, karena orang-orang begitu percaya pada pentingnya urutan kelahiran, mereka memaksakan stereotip pada anak-anak mereka.

Yang tertua didorong untuk menjadi berprestasi dan mandiri sedangkan yang paling muda (bungsu) dimanja dan sebagainya.

Eits, tapi ada satu fakta yang menggembirakan lho bagi kamu yang menjadi anak pertama! Dalam sebuah riset membuktikan bahwa anak pertama pada umumnya memiliki prestasi akademik lebih baik dan skor IQ lebih tinggi dibanding anak kedua dan seterusnya.

Ketua peneliti V.Joseph Host mengatakan, sebenarnya tingkat kecerdasan tidak dipengaruhi faktor urutan kelahiran tapi lebih kepada perlakuan orangtua.

Mungkin saja anak pertama mendapatkan perlakuan lebih disiplin dan juga mendapatkan pendampingan dalam belajarnya sehingga prestasi sekolahnya lebih baik dibandingkan sang adik (anak kedua).

Rezeki Anak Kedua

Bagi kamu yang menjadi anak kedua nggak perlu khawatir tentang hal itu ya. Berdasarkan penelitian sebelumnya, dengan memiliki kakak ternyata dapat membantu kamu dalam meningkatkan kecerdasan lho.

Satu hal yang terpenting adalah ketika kamu rajin belajar, pasti akan memiliki prestasi yang baik juga kok di sekolah!

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest