Follow Us

Gimana sih Penghitungan Suara di Pemilu 2019? Ini Penjelasannya

Ricky Nugraha - Kamis, 18 April 2019 | 15:00
Ilustrasi Pemilu
Kominfo

Ilustrasi Pemilu

HAI-online.com - Pemungutan suara pemilu 2019 telah digelar secara serentak pada 17 April 2019. Meski belum semua suara masuk ke KPU (Komisi Pemilihan Umum) Pusat, namun sejumlah lembaga telah mengumumkan hasil penghitungan cepat dan mengetahui persentase para pasangan.

Sebenarnya, bagaimana sih cara penghitungan suara di Pemilu 2019 ini dan bagaimana lembaga-lembaga tersebut sudah bisa mengetahui persentase tiap pasangan capres dan cawapres, meski KPU belum mengumumkan secara resmi?

Kalian pasti udah tahu kalau penghitungan suara juga dilakukan pada hari yang sama.

Suara di pemilihan presiden bakal dihitung lebih dulu. Baru kemudian dilanjutkan dengan penghitungan suara untuk pemilu legislatif DPR, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Baca Juga : Kisah TPS di Jawa Timur yang Dijaga 'Superhero' Avengers dan DC

Penghitungan suara ini nantinya bakal dilakukan secara berjenjang dari TPS, Kelurahan, ke Kecamatan sampai dengan ke KPU Pusat. Hal ini lah yang disebut dengan Real Count atau penghitungan asli.

Lalu, ada juga istilah Quick Count dan Exit Poll. Apa bedanya?

Quick Count atau penghitungan cepat adalah metode penghitungan suara yang diperoleh berdasarkan sampel dari berita acara hasil penghitungan suara di sejumlah TPS yang telah selesai melakukan penghitungan.

Metode Quick Count ini lah yang biasanya digunakan oleh lembaga-lembaga penghitungan suara, sebelum KPU selesai menghitung semua suara dan mengumumkan hasil secara resmi.

Baca Juga : Udah Mandi tapi Tinta Pemilu di Jari Belum Hilang? Begini Cara Mudah Membersihkannya

Sedangkan Exit Poll adalah metode penghitungan suara berdasarkan survei wawancara langsung kepada pemilih di TPS setelah melakukan pencoblosan.

Dengan metode-metode itu, masyarakat jadi bisa lebih cepet tahu berapa banyak suara yang didapatkan tiap pasangan pada Pilpres 2019 ini. Paham kan, sob?

Source : Kompas TV

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular