Follow Us

Selamat April Mop! Berikut 4 Versi Sejarah April Mop yang Mungkin Lo Belum Tahu

Syifa - Senin, 01 April 2019 | 14:00
Ilustrasi April Mop
Pixabay

Ilustrasi April Mop

HAI-Online.com - Tepat di hari ini, tanggal 1 April 2019, banyak orang yang merayakan April Mop. Lo pasti familiar sama istilah ini. Yap, di hari April Mop atau April Fools Day, orang diperbolehkan untuk saling ngerjain dan ngebohongin satu sama lain. Asik banget, kan?

Apakah lo salah satu yang suka merayakan April Mop, sob? Kalau iya, biasanya lo ngejailin siapa aja dan kayak gimana sih? Eits, tapi sebelum berbuat jail, lo udah tahu belum sejarah April Mop kayak gimana?

Sampai saat ini, sejarah April Mop emang belum ada yang pasti. Banyak versi yang beredar tentang asal muasal perayaan April Fools Day ini. Kebanyakan dari cerita rakyat, tapi ada juga yang berdasarkan sejarah.

Nah, HAI udah ngumpulin nih, 4 versi sejarah Apil Mop yang kayaknya sih lo belum tahu, sob:

Versi Perang Salib

historytoday.com

Seperti yang lo tahu, perang salib adalah perang perebutan kekuasaan antara umat Islam dan Kristen. Usut punya usut, April Mop adalah bentuk perayaan hari kemenangan tentara salib yang berhasil membunuh ribuan umat Islam Spanyol lewat cara penipuan.

Saat itu, tentara salib menupu tentara muslim Spanyol yang udah kalah perang. Mereka bilang kalau warga Spanyol bakal dibebaskan dan dibawa keluar Spanyol dengan kapal. Tapi, itu cuman tipu muslihat doang. Nyatanya, muslim Spanyol yang naik kapal tersebut justru dibunuh sama tentara salib. Kejadian tersebut terjadi di tanggal 1 April.

Versi Perancis

National Geographic Kids

Sejarah versi Perancis ini agak aneh, sob. Warga Perancis selalu memperingati April Mop sejak 1582. Saat itu, Paus Gregory XIII merombak penanggalan kalender yang awalnya 1 tahun cuman 10 bulan, jadi 12 bulan seperti penanggalan sekarang ini.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest