Follow Us

Kisah Atlet Pro NFL yang Pensiun Demi Lanjut Kuliah untuk Gelar Ph.D.

Ricky Nugraha - Selasa, 26 Maret 2019 | 21:25
Julius Thomas
Instagram/julius_thomas

Julius Thomas

HAI-online.com - Julius Thomas, altet profesional american football (NFL) yang mulai diakui karir cemerlangnya ketika bersama dengan Denver Broncos, pada Agustus 2018 lalu telah memutuskan untuk pensiun demi mengejar gelar Ph.D. di bidang psikologi.

Dalam sebuah artikel yang ia tulis sendiri di The Players Tribune, Julius Thomas yang berusia 30 tahun tersebut menjelaskan bahwa alih-alih melanjutkan karir di olahraga yang ia cintai itu, ia berniat untuk fokus membantu orang-orang lain, yang sebagian juga terakibat dari olahraga tersebut.

"Walaupun mengambil keputusan untuk nggak lagi bermain itu sulit, tapi di satu sisi aku juga sangat bersemangat dengan hal berikutnya: Mempelajari terapi dan terlatih dengan baik sehingga aku dapat membantu orang sembuh dari rasa sakit emosional dan mental mereka," tulis Thomas.

Baca Juga : Prediksi Klasemen Akhir dan Juara Liga Inggris versi Superkomputer. Siapa Teratas?

Thomas, yang akan kembali berkuliah dan mengejar gelar doktornya, mengatakan ia akan fokus pada "menyelidiki dampak dari kontak dalam olahraga pada trauma otak dan kinerja neurobehavioral" dan akan berpartisipasi dalam penelitian untuk "mengidentifikasi tanda-tanda peringatan dini penyakit otak."

Thomas mengatakan dia merasa sangat tertarik dalam bidang tersebut karena dapat berkontribusi pada penelitian tentang ensefalopati traumatis kronis (CTE), penyakit neurodegeneratif yang terkait dengan gegar otak dan trauma kepala berulang.

Penyakit otak ini sering dialami oleh banyak mantan pemain NFL.

"Karena karier football-ku, CTE menjadi topik pembicaraan yang cukup sering," tulis Thomas. "Sejujurnya, itu bukan sesuatu yang banyak dibicarakan secara terbuka saat aku bermain. Ada referensi yang nggak jelas, tetapi sebagian besar, itu adalah sesuatu yang kita tahu berisiko tetapi tak tahu apa risikonya sebenarnya.

Baca Juga : Wah, Seorang Ilmuwan Genetik Mau Bikin Kloningan Lionel Messi!

Ia mengaku terkejut saat menemukan ada banyak penelitian trauma otak yang sama sekali ia nggak sadari, namun masih banyak juga penelitian yang perlu dilakukan.

Pada momen-momen itulah ia mulai merasa terpanggil untuk mempelajari tentang trauma otak.

Ia ingin membantu dan mengetahui bahwa ini akan jadi cara yang bagus untuk membantu para pemain american football. Ia rasa ini adalah hal yang perlu ia pahami dan memberi tahu mereka semua resiko yang ada.

"Aku percaya membantu orang lain adalah apa yang harus aku lakukan pada hidupku kedepannya," ujar Julius Thomas.

Source : USA Today

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest