Follow Us

Selamatkan Turis Malaysia Saat Gempa, Bocah Disabilitas asal Lombok Dibanjiri Pujian

Bayu Galih Permana - Sabtu, 23 Maret 2019 | 10:15
Taufik (7) saat berada di aula RSUP NTB menerima penghargaan kehormatan sebagai pahlawan penyelamat WNA Malaysia, korban Longsor kawasan Wisata Tiu Kelep, Senaru Lombok Utara, Kamis (21/3/2019).
KOMPAS.com/FITRI R

Taufik (7) saat berada di aula RSUP NTB menerima penghargaan kehormatan sebagai pahlawan penyelamat WNA Malaysia, korban Longsor kawasan Wisata Tiu Kelep, Senaru Lombok Utara, Kamis (21/3/2019).

HAI-Online.com - Superhero di dunia nyata, mungkin sebutan itulah yang pantas disematkan kepada Taufik, bocah penyandang disabilitas yang menyelamatkan puluhan turis Malaysia saat gempa magnitudo 5,8 mengguncang kawasan wisata Air Terjun Tiu Kelep, Senaru, Lombok Utara.

Seperti yang dikutip HAI dari Kompas.com, Taufik yang diketahui merupakan seorang tuna rungu dan tuna wicara ini menunjukkan jalur keluar yang aman untuk turis-turis Malaysia karena gempa menyebabkan longsoran bebatuan besar di kawasan tersebut.

Menurut pengakuan seorang turis, Wong Siew Lim, pihaknya sangat ketakutan karena gempa datang tiba-tiba ketika mereka tengah menikmati keindahan air terjun, apalagi bencana itu juga disertai longsor.

Namun, Lim bersama turis Malaysia lainnya bersyukur bisa selamat, dan mengucapkan banyak terima kasih atas pertolongan warga sekitar, termasuk Taufik yang menunjukkan jalur aman supaya mereka bisa keluar dari lokasi.

Baca Juga : Black Finit Rilis Video Musik Terbaru Berjudul 'Bukan Puisi'

"Kejadian gempa sangat tiba-tiba, bahkan kami baru menikmati keindahan air terjun, tak sampai setengah jam, gempa bumi disertai longsor datang, kami sangat ketakutan. Hari ini kami akan pulang ke Malaysia dan sungguh anak kecil yang menolong kami, sangat hebat" ujar Lim.

Atas keberaniannya, Taufik pun mendapatkan apresiasi dari banyak pihak, terutama Kedutaan Malaysia yang menyebut bocah asal Lombok tersebut sebagai pahlawan penyelamat.

Selain itu, bocah yang selama ini menjadi pemandu wisata di jalur Air Terjun Tiu Kelep maupun Air Terjun Sendang Gile, Senaru itu juga mendapatkan penghargaan dari para korban dan juga Global Peace Mission Malaysia.

Ketua Pegawai Operasi Global Peace Mission Malaysia, Syahrir Azfar Bin Saleh mengatakan bahwa pihaknya akan membawa Taufik ke Negeri Jiran guna mendapat pengobatan serta disekolahkan sampai ke jenjang universitas.

Hal itu pun kemudian ditanggapi positif oleh Bupati Lombok Utara, Nazmul Akhyar yang mengaku ikhlas apabila Taufik dibawa menuju Malaysia untuk menjalani pengobatan.

"Ya demi kebaikan adik Taufik kita harus mengikhlaskan ya. Kita akan lihat nanti jika Taufik berhasil atas bantuan pemerintah Malaysia," ujar Nazmul.

Salut buat keberanian Taufik! Semoga setelah ini makin banyak Taufik-Taufik lainnya yang benar-benar menjadi superhero di dunia nyata ya sob. (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest