Follow Us

Menuju Hari Musik Nasional, Apa Kabar Gerakan Tolak RUU Permusikan?

Ricky Nugraha - Senin, 04 Maret 2019 | 18:36
Konferensi Meja Potlot
Twitter / kntlruup

Konferensi Meja Potlot

HAI-online.com - Bulan Februari lalu, kita diramaikan dengan RUU Permusikan yang ditolak berbagai musisi. Menuju hari musik nasional 9 Maret ini, apa kabar RUU Permusikan dan gerakan penolakannya?

Polemik mengenai RUU Permusikan akhirnya telah mulai menemui titik terang. Pasalnya, setelah pertemuan "Konferensi Meja Potlot" pada 12 Februari lalu telah tercipta suatu kesepakatan.

Pertemuan antara perwakilan Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan dan Anang Hermansyah, selaku anggota DPR RI Komisi X yang mempelopori RUU tersebut, secara garis besar telah menyetujui untuk membatalkan RUU Permusikan.

Meski begitu, masalah mengenai RUU Permusikan ini masih belum tuntas seratus persen, sebab kesepakatan tersebut belum benar-benar diputuskan oleh DPR RI untuk benar-benar dibatalkan.

Melihat hal ini, Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan masih tetap aktif lewat media sosial mereka untuk mengkampanyekan #TolakRUUPermusikan yang kini telah berubah menjadi #BersamaBatalkanRUUPermusikan.

Baca Juga : Pendiri Vans Warped Tour Usahain My Chemical Romance Reunian

Mereka juga mengajak masyarakat serta para musisi lainnya untuk turut bersama mengawal RUU Permusikan sampai benar-benar dikabulkan untuk dibatalkan.

Para musisi pun juga melakukan caranya sendiri untuk tetap mengkampanyekan hal tersebut. Seperti duo musisi elektronik asal Bandung, Bottlesmoker, yang tengah membuat sebuah lagu baru yang bertemakan tentang Penolakan RUU Permusikan.

Bottlesmoker mengajak para penggemar dan semuanya yang setuju untuk membatalkan RUU Permusikan, untuk terlibat dalam proses penciptaan lagu tersebut dengan mengirimkan voice note berisi pendapat tentang penolakan RUU Permusikan.

Semoga masalah RUU Permusikan ini bisa segera selesai dengan keputusan yang menyenangkan semua pihak, terutama para pelaku di industri musik. Apalagi tanggal 9 Maret ini diperingati sebagai Hari Musik Nasional, semoga jadi kado yang indah hehe.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest