Follow Us

Sejumlah SMA Sudah Pake Google Classroom Untuk KBM. Efektif, sih, Tapi Guru Jadi Suka Tiba-tiba Ngasih Tugas

Hai School Crew - Rabu, 16 Januari 2019 | 11:18
Google Classroom
Hai

Google Classroom

Hai-online.com - Selamat pagi, siang, sore, malam di manapun sobat Hai berada. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak hal-hal konvensional yang sudah beralih menjadi lebih modern,nih! Salah satunya adalah meninggalkan kertas dan menggantinya dengan sistem online dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Salah satu sekolah yang menerapkan sistem pembelajaran online adalah SMAN 2 Cibinong. Sekolah gue ini pake media Google Classroom. Hal itu terkesan baru khususnya untuk para siswa.

Aplikasi ini dibawa oleh Ibu Sri Rohayati, S.Pd, M.Pd. yang pada dasarnya mengajar biologi. Beliau menerapkan sistem ini dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam kecakapan teknologi dan informasi. Dalam suatu hal baru, selalu ada kekurangan dan kelebihannya tersendiri, nih!

“(Google Class Room) Kelebihannya ya lebih enak, lebih efesien, lebih dekat dengan pelajar karena kan medianya gadget pribadi mereka. Untuk hambatannya sendiri, ya kadang ketika data masuk dalam satu waktu yang bersamaan, suka lama servernya. Kedepannya tinggal dicari lagi alternatif penyelesaiannya dan adaptasi oleh kedua belah pihak, baik dari guru maupun dari murid,” ujar beliau.

Nah, kalo yang di atas itu merupakan pendapat guru, ini dia kekurangan dan kelebihan Google Classroom dari mata siswa.

KELEBIHAN

  1. Bisa Ngumpulin Tugas Di Mana Aja
Ini nih yang enak dari penggunaan Google Classroom. Ketika ada tugas, di mana pun dan kapan pun lo siap buat ngumpulin tugas, lansung kirim aja. Nggak perlu tuh yang namanya repot-repot datang ke sekolah, nyari guru yang bersangkutan, dan takut nggak keburu ngumpulin. Dengan sistem online ini, lo tinggal submit tugas ke email guru yang bersangkutan dan nilai lo auto masuk. Enak yah…

  1. Paperless. Ramah Lingkungan
Nah, dengan menggunakan sistem online, berarti kita mengurangi penggunaan kertas dalam kegiatan belajar mengajar. Pastinya ini merupakan hal yang ramah lingkungan. Jadi, ketika lo semua udah menggunakan sistem online dalam pembelajaran dan meninggalkan kertas, artinya kita sudah memberi sumbangsih terhadap pelestarian lingkungan. Hal kecil yang ternyata berdampak banyak ya, Sob…

  1. Efektif Waktu
Segala sesuatu yang berbau online memang menghemat waktu banget sih. Ketika tugas-tugas sekolah lo bisa dikirim secara online, lo nggak perlu lagi tuh yang namanya kejar-kejaran dengan waktu buat ngerjain tugas. Lebih efektif kan?

  1. Simpel, Nggak Pegel Nulis
Sebagai Gen Z, pastinya kita lebih akrab dengan keypad dibandingkan dengan pulpen. Dengan sistem online, lo nggak perlu pegel-pegel nulis lagi. Tinggal cari referensi, copy paste, edit dikit, dan jadi. Nggak ada lagi tuh yang namanya minjem-minjem tip-ex atau penghapus temen pas lagi nungas. Toh, di setiap keyped pasti udah ada penghapusnya. Hehehe…

Tapi nih, sob, di antara kelebihanya, sistem online Google Classroom ini juga masih punya beberapa hal yang nggak disukai sama kalanagan pelajar. Langsung nih di cek apa aja sih kekurangannya.

Baca Juga : Instalasi Seni Ini Bakal Putar Lagu 'Africa' dari Toto di Gurun Afrika Selama-lamanya

Halaman Selanjutnya

KEKURANGANNYA
1 2

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest