Follow Us

Setelah Tegang-tegangan, Akhirnya Robot InSight Berhasil Mendarat di Mars

HAI Internship - Selasa, 27 November 2018 | 11:59
Insinyur NASA merayakan keberhasilan pendaratan InSight di Mars dari Laboratorium Propulsi Jet (JPL) di Pasadena, California, 26 November 2018.
VCG Photo.

Insinyur NASA merayakan keberhasilan pendaratan InSight di Mars dari Laboratorium Propulsi Jet (JPL) di Pasadena, California, 26 November 2018.

HAI-ONLINE.COM - Setelah hampir tujuh tahun ngelewatin proses desain sampe peluncuran, NASA akhirnya berhasil mendaratkan robotnya bernama InSight ke Mars nih!

Robot ini diluncurkan ke Mars untuk mempelajari dan meneliti bagian-bagian yang ada di planet merah tersebut. Nantinya, hasil penelitian ini bakal digunain astronot-astronot yang mau dikirim ke Bulan atau Mars sebagai bahan persiapan.

InSight dikonfirmasi mendarat dengan selamat pukul 19:53 GMT (26/11) oleh seorang operator pengendali misi di NASA.

Konfirmasi ini melepaskan seluruh ketegangan para ilmuwan dan kru yang ada di Laboratorium Propulsi Jet(JPL), California.

Belasan dari mereka lompat dari kursinya dan saling berpelukan dan bersorak kegirangan, sebagai bentuk selebrasi dari hasil kerja keras mereka selama ini.

Baca Juga : Khabib Nurmagomedov Siap Berdamai dengan McGregor: 'Tuhan Aja Mengampuni Semua Orang'

“Itu intens dan kamu bisa merasakan emosinya,” kata Jim Bridenstine, administrator NASA, dalam sebuah wawancara di televisi NASA.

Dilansir dari CGTN News, Bridenstine juga mengatakan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence mengucapkan selamat kepada badan antariksa AS atas kerja kerasnya.

Dengan mengandalkan perisai panas, parasut dan roket untuk memperlambat laju, InSight berhasil menembus atmosfer lebih cepat daripada peluru berkecepatan tinggi.

NASA menyebutkan, robotnya mendarat di tempat parkir terluas di Mars. Parkiran itu merupakan dataran luas yang datar dan dikenal sebagai Elysium Planitia, dekat dengan ekuator Planet Merah.

Potret pertama dikirimkan InSight dari jepretan cembungnya yang menggambarkan lokasi di sekitar robot ini.

Source : CGTN News

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest