Jajal Samsung Galaxy S21 Series 5G, Ernest Prakarsa Kesengsem Sama Fitur Videografi Ini

Sabtu, 30 Januari 2021 | 12:32
Dok. Samsung

Galaxy S21 Ultra 5G menjadi lini flagship Samsung pertama yang menyuguhkan teknologi 5G di Indonesia. Ernest bisa semakin terkoneksi secara digital karena Galaxy S21 Ultra 5G telah diperkuat dengan WiFi 6e

HAI-Online.com – Smartphone saat ini bukan lagi sekadar perangkat untuk memudahkan komunikasi dan keseharian, melainkan jadi modal untuk berkarya.

Lo pastinya pernah mendengar karya-karya film yang dibuat hanya dengan bermodalkan smartphone. Sebut saja film komedi pendek Tangerine (2013) yang dibesut oleh sutradara asal Amerika Serikat, Sean Baker.

Contoh lain penggunaan smartphone sebagai modal untuk membuat karya adalah konten-konten kreatif yang dibuat para konten kreator ataupun pengguna media sosial berbasis video. Seperti diketahui, saat ini media sosial berbasis video menyedot minat banyak kaum muda. Konten-konten yang dibuat semakin kreatif dan ada-ada saja.

Namun, untuk dapat menciptakan sebuah karya, baik itu sinematografi ataupun konten video menarik dan berkualitas pastinya dibutuhkan smartphone yang mendukung.

Baca Juga: Ditanya Apakah BMTH Bakal ke Indonesia, Oliver Sykes: Gambreng!

Nah, baru-baru ini sutradara sekaligus kreator konten Tanah Air, Ernest Prakarsa berbagi pengalamannya menjajal salah satu smartphone yang dirilis Samsung baru-baru ini yaitu Samsung Galaxy S21 Series 5G.

Berawal dari rasa penasaran akan fitur dan performanya, Ernest menjajal smartphone tersebut. Sebagai keluarga dari seri Galaxy S, Galaxy S21 tidak hanya mengandalkan konektivitas 5G, berbagai teknologi termutakhir pun ikut dibenamkan pada ponsel ini. Terutama dalam hal kemampuan fotografi dan pembuatan konten video.

Samsung menyebut Galaxy S21 Series 5G sebagai salah satu ponsel yang mendapatkan banyak peningkatan signifikan dibanding seri sebelumnya.

Performa ponsel ini gahar berkat dukungan prosesor Exynos 2100. Sementara untuk mendukung kreativitas penggunanya dalam membuat konten video, ponsel ini dilengkapi Quad Camera berjenis Ultra Wide 12 MP, Wide Angle 108MP, dan Dual Tele-Lens 10MP.

Baca Juga: UPI Bakal Buka 5 Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru 2021

Spesifikasi dan fitur kamera yang mantap menurut Ernest cukup penting baginya saat ini. Ia mengatakan, konten video di media sosial sedang hits di berbagai kalangan. Sebagai kreator konten, video harus dibuat apik agar mengundang view dan like.

“Kalau kita lihat di platform media sosial, cara orang berekspresi sudah jauh berbeda dalam setahun belakang. Video is now the thing. Banyak dari kita yang mau bikin konten video sekeren mungkin dengan cara se-simple mungkin,” kata Ernest melalui pernyataan tertulis.

Untuk itu, ia juga mengapresiasi inisiatif samsung yang membawa fitur-fitur ciamik lewat Galaxy S21. Kehadiran smartphone yang mumpuni, lanjutnya, akan memudahkan para konten kreator dan anak muda untuk berekspresi.

Timing Samsung benar-benar tepat untuk membawa inovasi canggih, terutama di kualitas kameranya ke para pengguna smartphone. Sekarang membuat konten epik setiap harinya sudah semakin mudah dengan dukungan Galaxy S21 Series 5G,” kata Ernest.

Baca Juga: Aurel Eks JKT48 Ikut Meriahkan Penampilan Terakhir JKT48 Acoustic

Usai menjajal smartphone baru jagoan dari Samsung tersebut, Ernest membeberkan beberapa fitur yang menginspirasinya untuk membuat video epik bermodal kamera smartphone, apa saja?

Director’s view

Menurut Ernest, ketika membuat konten video, proses editing menjadi salah satu fase yang sulit dan memakan banyak waktu. Sebab, ada kemungkinan terjadinya perubahan tone warna, pencahayaan, dan kualitas suara di setiap potongan video, terutama ketika syuting dilakukan di luar ruangan.

Arah matahari dan keadaan di sekitar lokasi pengambilan gambar dapat berubah dari waktu ke waktu. Hal ini menyebabkan proses penyatuan masing-masing potongan video saat mengedit jadi lebih sulit. Transisi perlu dibuat seapik mungkin.

Namun, beruntung fitur Director’s View bisa membantu. Ketika mencoba fitur ini, Ernest bisa langsung memvisualisasikan adegan dan scenery yang ingin diabadikan dan langsung terlihat hasilnya.

Dengan pilihan preview yang ditampilkan di layar, Ernest bisa langsung mengatur transisi sinematik dari frame ke frame dan angle apa yang cocok untuk adegan tertentu. Jadi, pengguna Galaxy S21 series bisa memiliki hasil video yang lebih pro layaknya sutradara profesional.

Baca Juga: Black Pistol Fire Rayakan Eksplorasi Bermusik Lewat Album 'Look Alive'

Ernest juga mengatakan, bukan tidak mungkin film pendek dan behind the scenedi masa depan akan dibuat menggunakan smartphone.

Multi-Mic Recording

Melalui fitur ini, Ernest tidak perlu khawatir akan munculnya noise yang tidak diinginkan ketika merekam video. Pasalnya, Samsung membenamkan fitur Multi Source Microphone yang sebelumnya diperkenalkan melalui Galaxy Note20 Series ke dalam perangkat Galaxy S21 Series 5G. Melalui fitur ini, Ernest dapat leluasa mengatur sumber suara dari rear, front, dan omni mic.

Fitur ini juga memungkinkan Galaxy S21 Ultra 5G untuk tersambung dengan external microphone melalui sambungan USB atau koneksi Bluetooth. Jika tidak ada, pengguna bisa memanfaatkan Galaxy Buds Pro untuk difungsikan sebagai clip-on mic, sehingga sumber suara lebih jernih dan minim bocor.

Ultimate Super-Steady dan Dynamic Slo-Mo

Ketika merekam video untuk adegan bergerak, tak proses pengambilan gambar membuat hasil video terlihat berguncang dan tidak stabil. Beruntung, pada Galaxy S21 Ultra 5G masalah ini tidak lagi dialami pengguna.

Baca Juga: Wawancara Eksklusif Sheryl Sheinafia: Proses Pendewasaan melalui Jennovine

Sebab, melalui teknologi Ultimate Super Steady telah disempurnakan, Ernest dapat dapat menangkap konten video epik tanpa terganggu akan guncangan saat proses perekaman video. Selain itu, Dynamic Slo-Mo memudahkan pengguna mendapatkan video slow motion terbaik yang membuat hasil video semakin sinematik dan dramatis.

Ekosistem Galaxy

Selain kecanggihan dari Galaxy S21 Ultra 5G, keberadaan ekosistem Galaxy yang terintegrasi ikut memudahkan Ernest dalam proses pembuatan storyboard, terutama dengan adanya S Pen bersama flip case Samsung sebagai aksesoris tambahan. Ia dapat lebih leluasa mencatat ide konten maupun mengedit konten yang dibuat di Galaxy S21 Ultra 5G.

Selain itu, kehadiran Galaxy Buds Pro yang rilis bersamaan dengan Galaxy S21 Ultra 5G, dianggap Ernest sebagai penyempurna gaya hidupnya. Ketika mendengarkan hasil suara konten video melalui Galaxy Buds Pro, teknologi Intelligent Active Noise Cancelling mampu meredam hingga 99 persen suara bising di latar dan menyesuaikan suara sesuai kebutuhan.

Adanya teknologi 360 Audio menggunakan teknologi Dolby Head Tracking juga membuat suara yang terdengar menjadi lebih seamless dan terasa lebih nyata, layaknya berada di dalam video itu sendiri.

Dok. Samsung

Kemudahan dapat Ernest rasakan ketika ia mengoperasikan Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang kini telah terintegrasi dengan S Pen, menjadikannya pengalaman mengedit konten video lebih mudah dan presisi

Selain keempat fitur tersebut, Ernest juga tidak lagi khawatir akan kehabisan baterai di tengah proses pengambilan video. Samsung membenamkan kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh dengan tenaga Artificial Intelligence (AI) yang mampu memberikan efisiensi daya dan kinerja pada Galaxy S21 Ultra 5G ketika digunakan.

Ernest juga menyebut, proses pembuatan video menggunakan Galaxy S21 Ultra 5G sama sekali tidak mengalami overheat. Kehadiran RAM 16GB serta memori internal yang lega juga membuat Galaxy S21 Ultra 5G terhindar dari lag. Alhasil, ia mengakui bahwa Galaxy S21 Ultra 5G mampu membawa pengalaman videografi layaknya berada di lokasi shooting.

“Galaxy S21 Ultra 5G memiliki standar diatas rata-rata sebagai perangkat yang bisa menunjang siapapun dengan tingkat keahlian apapun untuk bisa mengabadikan momen epik setiap hari. Konten visual yang dihasilkan bisa dibilang terbaik di kelasnya, apalagi dengan kemudahan pengoperasiannya dan bisa dibawa kemana-mana tanpa perlu usaha lebih,” kata Ernest.

Untuk mencoba pengalaman videografi ala Ernest, lo bisa memperoleh Samsung Galaxy S21 5G mulai dengan merogoh kocek mulai dari Rp 12,999 juta.

Baca Juga: Setelah 7 Tahun, Yukirin AKB48 Bakal Rilis Single Baru Maret Mendatang

Samsung Galaxy S21+ 5G dapat lo peroleh dengan harga mulai Rp 15,999 juta dan Galaxy S21 Ultra 5G mulai Rp 18,999 juta.

Mulai tanggal 29 Januari - 14 Februari 2021, Samsung juga menyelenggarakan online consumer launch untuk smartphone Galaxy S21+ dan S21 Ultra 5G di Samsung E-Store, Blibli, Eraspace, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan JD.ID. Ikutan program ini, lo bisa dapat keuntungan berupa berhemat lebih dari Rp 3 juta.

Samsung menghadirkan rangkaian promosi berupa cashback dan hadiah spesial. Ada cashback bank rekanan Samsung hingga Rp 750 ribu, cashback sebesar Rp 2 juta untuk pembelian produk Samsung lainnya (purchase with purchase), dan hadiah spesial Samsung Wireless Charger Single.

Sedangkan, untuk ikutan offline consumer launch, lo dapat mengunjungi Mal Central Park Jakarta dan Pakuwon Mall Surabaya pada tanggal 5-7 Februari 2021. Offline consumer launch juga hadir di

Baca Juga: Viral Video Cewek Diselamatkan Driver Ojol Saat Ingin Bunuh Diri dari JPO Otista

Mal Kota Kasablanka Jakarta pada tanggal 12-14 Februari 2021, dengan keuntungan hingga Rp 4,6 juta.

Lo dapat memilih promo hadiah gratis Galaxy Buds Live atau cashback Rp 2 juta untuk trade in. Lo Lo juga bisa memperoleh hadiah Samsung Wireless Charger Single, Galaxy S pen dan Casing, dan cashback bank rekanan hingga Rp 750 ribu.

Dapatkan juga hadiah langsung seperti Free Mola TV Subscription selama 3 bulan, voucher Celebrity Fitness, dan Ismaya dining voucher. Untuk informasi lebih lanjut seputar Galaxy S21 5G series, kunjungi https://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-s21-ultra-5g/ dan https://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-s21-5g/

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya