Follow Us

Cuaca Emang Gerah Banget, Jangan Mandi Pas Masih Keringetan Ya!

HAI Internship - Kamis, 11 Oktober 2018 | 19:35
Cuaca Emang Gerah Banget, Jangan Mandi Pas Masih Keringetan Ya!
I

Cuaca Emang Gerah Banget, Jangan Mandi Pas Masih Keringetan Ya!

HAI-Online.com - Lo pasti ngerasa deh, kalo cuaca akhir-akhir ini beneran lagi panas banget. Walaupun udah bukan musim kemarau lagi, tapi tetep aja udara kerasa pengap dengan panas yang menyengat.

Dengan kondisi yang kayak gitu, tiap pulang sekolah pasti deh badan lo basah kuyup karena keringat. Dan kalo udah gitu, paling enak sih nyampe rumah langsung mandi. Ya, kan? Eh, tapi ternyata langsung mandi pas masih keringetan tuh bahaya tau sob, buat badan lo.

Mandi pake air dingin atau hangat pas badan lo masih keringetan, bisa bikin badan "kaget".

Dengan nyiram air ke badan lo, pori-pori badan yang udah terbuka karena ngeluarin keringat, bakalan kaget karena keadaan kulit lo yang lembab karena keringat tiba-tiba jadi "kering" dari keringat.

Baca Juga : Banyak Dilarang, Ternyata Ini 3 Keuntungan Mandi pada Malam Hari

Selain itu, mandi pas keringetan juga bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Berkeringat jadi salah satu cara badan lo buat menjaga metabolisme dan sistem kekebalan tubuh.

Dengan nyiram badan lo yang penuh keringat itu dengan air, mencegah terbentuknya keringat baru dan badan lo nggak bisa menjaga metabolisme dan sistem kekebalan tubuh lo lebih lama, nantinya kekebalan tubuh lo bisa bermasalah.

Salah satu tandanya adalah telapak tangan dan kaki yang jadi dingin.

Terakhir, langsung mandi pas keringetan bisa mengganggu pembuluh darah lo juga, sob. Berkeringat juga jadi cara buat mengeluarkan panas tubuh, dan menyeimbangkan suhu badan lo.

Kalo lo mandi pas masih keringatan, panas badan yang harusnya dikeluarkan malah bakal tertahan di badan lo. Alhasil bikin suhu badan lo nggak normal. Dan nantinya bakal bisa membuat pembuluh darah melebar dan menimbulkan beberapa penyakit.

Makanya, pas masih keringetan gitu jangan pernah langsung mandi ya, sob.

Walaupun kerasa lengket gitu, ya tunggu aja sampe suhu badan lo kerasa normal lagi dan keringetnya keluar semua. Baru lo mandi, dan itu pun pake air dengan suhu yang sesuai. (*)

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa/HAI

Source : halosehat

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest