Follow Us

Berguna Banget, Pelajar SMKN 5 Bandung Manfaatin Plastik Jadi Kursi #SayaPilihBumi

HAI Internship - Jumat, 28 September 2018 | 09:52
Farhan dan Hildan bersama dengan solusi mereka, tempat duduk berbahan dasar eco brick
Syifa/HAI

Farhan dan Hildan bersama dengan solusi mereka, tempat duduk berbahan dasar eco brick

HAI-Online.com - Setiap harinya, manusia bisa menghasilkan jutaan sampah plastik. Dan sampah-sampah tersebut terus bertambah, tanpa bisa kita proses, karena plastik yang emang susah didaur ulang dan terurai secara alami.

Menghadapi kondisi yang darurat ini, para pelajar dari SMKN 5 Bandung yang ikut tantangan Envirochallenge dari Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik (GIDKP) dan United in Diversity (UID) berinisiatif buat memanfaatkan sampah plastik yang ada di sekitar lingkungan sekolah mereka buat dijadikan barang yang berguna.

Para siswa dari SMKN 5 Bandung berhasil menciptakan beberapa gagasan yang solutif dan mudah dilakukan nih, sob. Pertama, mereka menciptakan eco brick yang terbuat dari sampah plastik bungkusan sachet dan botol plastik ukuran 600ml.

Baca Juga : #SayaPilihBumi: Remaja Ini Bikin Kantong Plastik Ramah Lingkungan dari Udang!

Farhan dan Hildan yang merupakan perwakilan siswa SMKN 5 Bandung, bilang kalo eco brick ini tercipta karena terlalu banyaknya sampah plastik yang berasal dari kemasan pabrik. Misalnya, kemasan permen, kopi, sampai deterjen.

"Nantinya plastik-plastik ini dimasukan ke dalam botol. Tapi harus keras banget, jadi bener-bener harus penuh botolnya biar kuat. Nantinya dibantu sama alat tusuk besi gitu," kata Farhan.

Setelah botolnya penuh dan jadi eco brick, bisa dibentuk jadi bangku gitu, sob. Caranya gampang banget kok. Lo kumpulin sampai ada beberapa botol, dan disusun jadi bentuk persegi. Botol-botol ini harus disusun sama sisi.

Misalnya, 3x3 atau 4x4. Setelah disusun, direkatkan pake lakban biasa. Dan dimasukan ke dalam wadah plastik juga mengelilingi botol-botol tersebut. Kalo Farhan dan Hildan sih, pake plastik bekas wadah minyak.

Kalo udah begitu, direkatkan lagi pake lakban, dan dibungkus pake kain. Lalu di bagian atas botol-botol, dikasih bantalan busa yang cukup tebal gitu. Jangan lupa dibungkus pake kain yang senada ya. Terus jahit yang rapi, jadi deh bangku berbahan dasar plastik.

Baca Juga : Misterius, Tersangka Ngaku Ikut Mneyerang Haringga Sirila Karena Ingin Bantu Bapaknya!

Nggak usah khawatir bakalan rubuh sob, HAI udah nyobain sendiri dengan dudukin bangku tersebut. Dan ternyata kuat banget! Beneran nggak nyangka itu terbuat dari botol plastik minuman yang selama ini kita pake.

Selain menciptakan bangku dari eco brick, siswa SMKN 5 Bandung juga bikin inovasi media tanam baru yang unik banget. Pake kantong kresek bekas yang digulung sampe kecil banget dan berbentuk bola.

Kantong-kantong itu lalu dimasukin ke dalam wadah pot atau bekas botol plastik gitu. Lalu, direndam pake pupuk organik cair. Udah deh, jadi media tanam baru. Nantinya lo bisa nanem tanaman hias apapun di sana. Dan beneran bisa tumbuh. Tapi inget ya, jangan nanem tanaman buah atau sayur karena nantinya bakal beracun, hehehe.

Gimana sob menurut lo? Asik-asik nggak tuh solusi yang diciptakan sama temen-temen kita? Gampang banget kan, dilakuinnya? Coba deh lo lakuin di rumah, dan berpartisipasi dalam membersihkan bumi kita ini. (*)

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa/HAI

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest