Follow Us

#SayaPilihBumi: Remaja Ini Bikin Kantong Plastik Ramah Lingkungan dari Udang!

HAI Internship - Rabu, 26 September 2018 | 15:16
Angelina Arora dengan plastik buatannya dari kulit udang
National Geographic

Angelina Arora dengan plastik buatannya dari kulit udang

HAI-Online.com - Inovasi keren muncul dari seorang remaja bernama Angelina Arora. Arora yang masih jadi siswi di Sydney Girls High School ini berhasil mengembangkan inovasi di bidang plastik, dengan menciptakan kantong plastik dengan bahan dasar kulit udang!

Eksperimen yang Arora lakukan berawal pas doi berumur 16 tahun. Waktu nganter nyokapnya ke pasar, Arora baru sadar kalo pelanggan harus membayar buat mendapatkan kantong plastik. Hal itu dilakukan buat membatasi penggunaan kantong plastik supaya bisa membantu menyelamatkan bumi.

Mendengar hal itu, Arora yang juga penggemar sains jadi terpacu buat bisa berpartisipasi dalam menyelamatkan bumi. Arora mau menciptakan kantong plastik dari bahan organik yang mudah terurai dan tidak membahayakan planet.

Baca Juga : Prihatin, Pria Ini Sindir Kondisi di Bumi Saat Ini Lewat Kartun Disney

Tapi perjuangan Arora nggak mudah, sob. Beberapa eksperimen Arora dengan bahan organik kayak kulit pisang mengalami kegagalan. Tapi, doi sama sekali nggak menyerah.

Doi kemudian dapet ide buat menggunakan udang sebagai bahan pembuatan kantong plastiknya, karena ngeliat persamaan di antara keduanya.

"Gue ngeliat udang terus mikir, "apa yang bikin mereka kelihatan kayak plastik ya? Mungkin gue bisa ngambil kulitnya terus diikat biar jadi bahan kayak plastik," kata Arora.

Arora kemudian bereksperimen dengan mengekstrak karbohidrat bernama chitin dan secara kmiawi mengubah elemen tersebut menjadi chitosan. Setelah itu, Arora mencampurnya dengan fibroin, protein yang dimiliki sama kepompong sutra.

Ternyata, eksperimennya kali ini berhasil, sob! Arora menemukan kalo kombinasi dua bahan organik ini bisa menciptakan material seperti yang biasa digunakan untuk membuat plastik.

Bedanya, material yang diproduksi Arora ini bisa hancur dan teruraikan 1,5 juta kali lebih cepat daripada plastik biasa! Plastik inovasi Arora bakalan bisa hancur cuman dalam waktu 33 hari aja.

Baca Juga : Bye Bye Plastic Bags Jadi Gerakan Anak Muda Bali untuk Kurangi Plastik

Atas penemuannya ini, Arora mendapatkan penghargaan di Innovator to Market Award 2018 dan mendapat perhatian dunia di ajang Intel International Science and Engineering Fair.

Source : National Geographic

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest