Follow Us

Bukan Singa atau Macan, Inilah Binatang Paling Berani di Dunia!

Ricky Nugraha - Kamis, 18 Oktober 2018 | 19:25
Honey badger alias luwak madu
Youtube/vlogbrothers

Honey badger alias luwak madu

HAI-online.com - Bisa tebak hewan apa yang dianggap paling berani di dunia ini? Kalau kalian berpikir hewan-hewan berbadan besar dengan perawakan buas seperti macan atau singa, maka jawabannya kurang tepat.

Ternyata hewan yang dimaksud berukuran nggak sampai satu meter (dari hidung sampai ekor) dengan berat sekitar 10 kg, dan namanya adalah honey badger.

Honey badger (Mellivora capensis) atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai luwak madu ini adalah hewan yang berasal dari Afrika, bagian Barat Daya Asia, dan beberapa daerah di India.

Meski dinamai honey badger, namun mamalia ini nggak banyak memiliki kesamaan anatomis dengan badger atau musang lainnya, malahan secara anatomis mereka lebih mirip dengan beruang.

Honey badger yang disebut juga ratel adalah hewan karnivora dan hanya memiliki sedikit predator alami karena kulitnya yang tebal dan kemampuan defensif yang ganas.

Baca Juga : 8 Foto Hewan Langka Ini Kelihatan Seperti Makhluk dari Dimensi Lain

Hal ini juga lah yang membuat honey badger dianggap sebagai hewan paling berani di dunia. Mereka nggak takut untuk menghadapi segala musuh, bahkan yang memiliki tubuh jauh lebih besar dari mereka.

Saking agresifnya hewan ini diketahui mampu membunuh ular berbisa atau bahkan mengusir singa.

Ia juga memiliki cara yang sangat mengerikan untuk menjatuhkan mangsa yang lebih besar, yaitu dengan cara menyerang bagian skrotum atau kantong zakar dari mangsanya. Berlaku juga ketika ia diserang oleh manusia.

Hal ini karena adanya pembuluh darah besar di bagian tersebut. Mangsa mungkin bisa kabur, tapi pada akhirnya akan mati karena kehabisan darah. Honey badger juga memiliki indra penciuman yang luar biasa sehingga bisa mengikuti jejak sampai menemukan mayat mangsa tersebut.

Wah, serem juga ya sob!

(*)

Source : wikipedia

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest