Follow Us

Mengenal Colin Kaepernick, Atlet Anti-Rasisme yang Bikin Nike Diboikot

Bayu Galih Permana - Rabu, 05 September 2018 | 16:09
Kampanye Nike yang dibintangi Colin Kaepernick
Dailymail.co.uk

Kampanye Nike yang dibintangi Colin Kaepernick

HAI-Online.com - Warga Amerika Serikat ramai-ramai memboikot produk-produk dari Nike, setelah perusahaan asal Oregon, Amerika Serikat itu menunjuk salah satu pemain NFL, Colin Kaepernick sebagai model dalam kampanye terbarunya.

Aksi ini dilakukan oleh sebagian masyarakat Amerika Serikat lantaran mereka kecewa dengan keputusan Nike memilih Colin Kaepernick yang dianggap pernah melakukan penghinaan terhadap Negara Adidaya tersebut.

Kebencian sejumlah masyarakat Amerika Serikat terhadap pemain NFL berusia 30 tahun ini bermula saat Colin menolak berdiri saat melakukan penghormatan ke bendera AS.

Pria yang berposisi sebagai Quarterback ini malah memilih duduk bersimpuh dengan satu lutut menempel di tanah, yang menurut warga Amerika Serikat merupakan sebuah simbol penghinaan terhadap negara.

Collin Kaepernick (kanan) yang menolak untuk berdiri saat lagu kebangsaan Amerika Serikat dikumandangkan
abcnews.go.com

Collin Kaepernick (kanan) yang menolak untuk berdiri saat lagu kebangsaan Amerika Serikat dikumandangkan

Colin Kaepernick mengaku menolak berdiri - dan malah berlutut - saat lagu kebangsaan Amerika Serikat diputar sebagai protes atas aksi brutal polisi yang dilatarbelakangi sentimen ras.

BACA JUGA: Ini Dia 4 Momen Rasisme Paling Parah di Sepak Bola. SAY NO TO RACISM!

Siapakah Colin?

Colin merupakan penduduk asli AS yang lahir sekitar 30 tahun lalu, atau tepatnya pada 3 November 1987 di kota Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat dan merupakan keturunan asli sana.

Mantan pemain San Fransisco 49ers ini melakukan aksi itu untuk memprotes maraknya insiden ketidakadilan terhadap orang kulit hitam di Amerika Serikat.

Doi merupakan atlet yang getol mengkampanyekan gerakan Black Live Matters yang meminta pemerintah Amerika Serikat memperlakukan orang-orang kulit hitam layaknya warga kulit putih.

Source : tribunnews

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest